HEADLINE

Polres PPU Akan Bentuk Posko Karhutla Sebagai Langkah Antisipasi

Kabag Ops Polres PPU, Kompol Gede Pasek

PENAJAM(NK) – Polres Penajam Paser Utara (PPU) saat ini sedang fokus mempersiapkan Posko Karhutla guna menghadapi musim kemarau dan sebagai langkah awal mengantisipasi terjadinya potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama anyata Polri, TNI dan Instansi Pemerintah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU. Rabu, (2/8/2017).

Kaolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan melalui Kabag Ops Polres PPU, Kompol Gede Pasek mengatakan, dirinya telah melakukan koordinasi dengan Kodim 0913/PPU dan BPBD PPU untuk membentuk posko Karhutla kembali yang rencananya posko tersebut akan ditentukan lokasinya.

“Kami juga siap kalau posko itu nantinya dibentuk di Mapolres PPU,”ujarnya.

Dijelaskannya, posko tersebut nantinya berfungsi sebagai wadah koordinasi jika suatu ketika terjadi kebakaran hutan maupun lahan, sehingga dapat dengan sigap di tindaklanjuti melalui posko tersebut.

Nanti di posko itu sebagai tempat koordinasi tim jika sewaktu-waktu terjadi insiden Karhutla,”jelasnya.

Gede menghimbau seluruh masyarakat PPU untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, dan dirinya menegaskan bahwa ada sanksi yang dikenakan kepada oknum jika terbukti adanya pembakaran hutan atau lahan secara sengaja sesuai undang-undang yang berlaku.

“selama 2017 ini belum ada terjadi kebakaran hutan atau lahan, namun beberapa waktu lalu sempat ada situasi panas yang terdeteksi oleh hotspot,”pungkasnya.(kanda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top