Potensi Wisata Mangrove dan Pantai Harus Dikembangkan

PENAJAM(NK)- Dalam memperingati Hari Nusantara Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)melakukan kegiatan Jum’at Bersih. Kegiatan jum’at bersih tersebut dilakukan di sepanjang jalur pantai dimulai dari Kawasan Hutan Mangrove Kelurahan Kampung Baru,kawasan Pantai Pejala, kawasan Pantai Saloloang dan berujung di kawasan Pantai Corong Tanjung Tengah.

Kegiatan Jum’at Bersih ini dilakukan oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di PPU yang disebar ke beberapa titik kawasan. Dalam kegiatan ini, Bupati PPU Drs. H. Yusran Aspar, M.Si bersama dengan Sekretaris Daerah Tohar, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ahmad Usman memonitoring langsung kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini Yusran menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan di sekitar kawasan mangrove dan sepanjang kawasan pantai . Dimana, Yusran meminta kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas PU Kecamatan Penajam untuk melakukan pembebasan lahan di sekitar area masuk wisata Hutan Mangrove. Selain itu, Yusran juga berharap kepada masyarakat agar tidak lagi menambah luas tambak di sekitar Hutan Mangrove karena hal itu akan merusak ekosistem yang ada didalamnya.

Tohar menambahkan, adanya Hutan mangrove ini juga memberikan dampak yang positif bagi para nelayan. Selain menjadi tempat tinggal bagi ikan dan ekosistem lainnya, hutan mangrove ini juga menjadi salah satu tempat wisata andalan yang ada di kab. PPU ini. Tentunya, hal ini juga akan menambah penghasilan masyarakat yang berada di kawasan Hutan mangrove karena banyaknya para pengunjung yang datang.

Setelah memonitoring kegiatan jum’at bersih di kawasan Hutan Mangrove, Yusran bersama rombongan melanjutkan kegiatan monitoring di kawasan Pantai Pejala dan Pantai Corong. Dalam kesempatan ini juga, Yusran memerintahkan kepada SKPD terkait seperti Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (DISHUBBUDPAR) dan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman untuk dapat mengembangkan sepanjang kawasan pantai yang ada.

“Potensi di kawasan pantai ini sangat bagus sehingga harus benar-benar dikembangkan dan diperhatikan, misalnya pembangunan Gazebo di pinggir pantai, fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK), permainan-permainan yang ada disekitar pantai ditambah, dan lain sebagainya. Hal ini harus benar-benar diperhatikan, karena ini semua tentunya akan menambah pendapatan asli daerah kabupaten PPU sendiri”, terangnya.(humas3/nk/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.