PPU Kirim 121 Atlet POPDA XVI Tahun 2022 ke Kabupaten Paser

PENAJAM (NK) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar , melepas keberangkatan Kontingen PPU sejumlah 153 orang untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke XVI Tahun 2022 di Kabupaten Paser. Pelepasan dilakukan di halaman Kantor Bupati PPU, Selasa (18/10/2022) yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah PPU Ahmad Usman, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) PPU Alimuddin, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) PPU Salehuddin, para kepala sekolah serta kontingen yang akan diberangkatkan.

Kontingen PPU yang berjumlah 153 orang terdiri dari 121 atlet, 26 pelatih, dan 6 ofisial. Terdapat 12 cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti dari 20 cabor yang dilombakan, diantaranya: tinju, senam, atletik, taekwondo, panahan, renang, tenis meja, voli, sepak bola, pencak silat, bulu tangkis, dan menembak. Para atlet merupakan pelajar dari tingkat SD-SMA di PPU yang telah dipilih berdasarkan kemampuan yang dimilikinya.

Meski secara resmi POPDA XVI Tahun 2022 digelar pada 22-28 Oktober 2022 di Kabupaten Paser, telah ada beberapa cabor yang telah dipertandingkan. Beberapa diantaranya adalah cabor menembak dan senam.

“Alhamdulillah di klasemen sementara sudah mendapat satu medali perunggu dari cabang olahraga menembak,” sebut Alimuddin dalam pelepasan tersebut.

Dengan target yang diharapkan sebanyak sepuluh medali emas, PPU telah mempersiapkan diri sejak jauh hari dengan tantangan pergantian pemain akibat ditundanya ajang POPDA XVI Kaltim karena pandemi Covid-19. Alimuddin menyampaikan bahwa dukungan akan terus diupayakan dengan menganggarkan bonus kepada pemenang lomba di ajang tahun depan sebesar tiga juta rupiah bagi peraih medali emas.

Keberangkatan Kontingen PPU dalam perhelatan ini akan dilakukan secara bertahap. Tohar mengucapkan selamat kepada para atlet karena telah terpilih untuk masuk dalam kontingen mewakili PPU. Ia berpesan agar para atlet dapat menampilkan prestasi, menjunjung sportivitas, dan saling dukung antara satu cabor dengan cabor yang lain.

Salah satu tim cabor yang akan diberangkatkan dalam ajang ini adalah panahan. Terdapat 14 atlet yang akan diberangkatkan dengan persiapan yang telah dilakukan selama satu bulan. Dengan target sepuluh medali, sebut Ilham selaku ofisial, Ia berharap panahan dapat menjadi lumbung emas bagi PPU dan PPU dapat menjadi juara umum.(DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)