PPU Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2019

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali memperoleh penghargaan tingkat Nasional setelah ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada Tahun 2019 oleh Kementerian HAM Republik Indonesia pada Tahun 2020 ini.

Demikian dikatakan, Kabag Humas Setkab PPU, M. Daud kepada newskaltim.com, Sabtu (5/12/2020) di Penajam.

Penghargaan peduli HAM tahun 2019 ini diberikan atas upaya daerah kabupaten PPU dalam membina, mengembangkan dan mendorong sebagian besar atau seluruh wilayah binaannya menjadi kabupaten peduli HAM pada tahun 2019.

Dalam penetapan tersebut, Kementerian HAM juga telah melakukan penelaahan data sesuai kreteria, yang dilakukan oleh tim verifikasi terhadap data capaian implementasi HAM di daerah masing-masing kemudian telah disampaikan oleh pemerintah kabupaten/kota melalui pemerintah provinsi dan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Selanjutnya dikeluarkannya keputusan dari Menteri HAM tentang penetapan kabupaten/kota peduli HAM pada tahun 2019 tersebut.

Keberhasilan ini juga tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan seluruh komponen pemerintah daerah maupun masyarakat kabupaten PPU dalam memberikan data dan informasi yang dibutuhkan sehingga pada tahun 2020 ini PPU masuk sebagai kabupaten yang telah mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian HAM Republik Indonesia.

Piagam penghargaan tersebut baru akan diserahkan ke Kabupaten/kota pada 14 Desember 2020 mendatang bertepatan dengan peringatan hari HAM ke-72 Tahun 2020 secara virtual bersama Presiden RI di Jakarta. (nav)