ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Ramadan, Stok Sembako di PPU Aman

Selama Ramdan sembako di PPU dijamin aman

PENAJAM (NK) – Bulan Ramadan telah tiba, tentunya kebutuhan akan bahan pokok mulai meningkat. Bila tak dibarengi dengan stok memadai, maka harga-harga dipastikan melambung. Namun untuk di wilayah Penajam Paser Utara (PPU) bahan pokok dipastikan aman. Itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) PPU Sukadi Kuncoro, Jumat (30/4/2020).

Dia memastikan persediaan sembako di pasaran masih cukup. Sehingga diprediksi tidak akan ada kenaikan harga yang signifikan. “Pasokan bahan kebutuhan pokok di bulan puasa masih aman. Dari beras yang stoknya terus meningkat. Karena para petani di Babulu sedang memasuki musim panen. Kemudian lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, sayur-mayur juga cukup,” ungkapnya.

Dikatakan, kebutuhan masih memadai lantaran pendistribusian bahan pokok dari Jawa dan Sulawesi masih tergolong lancar. Sehingga harga masih relatif stabil, karena persediaan yang melimpah. “Biasanya memang bawang itu yang mengalami kenaikan saat Ramadan. Tapi tahun ini pasokan dari luar lancar. Jadi harga kami jamin akan relatif stabil,” sambungnya.

Kemudian, imbauan untuk tetap berada di rumah juga membuat daya beli masyarakat turun. Sehingga beberapa harga bahan pokok ikut menurun. Dia merincikan, untuk ayam potong dari Rp 30 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram. “Lalu bawang merah di harga Rp 36 ribu per kilogram bawang putih juga turun dari Rp 38 ribu menjadi Rp 36 ribu. Kemudian harga daging sapi segar itu Rp 120 ribu perkilogram,” pungkasnya. (rif/nk)

Berita Popular

To Top