ADVERTORIAL - PARLEMENTARIADiskominfo PPU - Pemkab PPUEdukasiHEADLINEPPU

Salurkan Beasiswa Pemkab PPU Kerjasama dengan STT-Migas Balikpapan

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Migas (STT Migas ) dan Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan kini membuka ruang kerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru bagi putra-putri di PPU.

Kerjasama ini dilakukan melalui jalur afirmasi, khusus beasiswa bagi masyarakat tidak mampu maupun beasiswa dari Pemkab PPU untuk mereka yang berprestasi dan  ingin melanjutkan pendidikan di dua Universitas ini.

Perihal ini seperti disampaikan pihak Yayasan STT Migas Balikpapan saat melakukan Audiensi bersama Bupati PPU, Hamdam di kantor bupati PPU yang dipimpin oleh Ketua Yayasan sekaligus Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Balikpapan, Luhil Machfudz didampingi Ketua STT Migas Balikpapan, M. Lukman dan Wakil Ketua II Bidang SDM, Keuangan, Selvia Sarungu. Tampak hadir Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab PPU, Nicko Herlambang dan Kepala Bagian Kesra PPU, Hj. Nurbaya, Kamis, (22/6/2023).

Dalam kesempatan ini Bupati PPU, Hamdam mengatakan bahwa terkait pendidikan memang sudah menjadi komitmen Pemerintah Daerah kabupaten PPU bagaimana menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap di bidangnya. Karena menurut Hamdam, apalagi kabupaten PPU yang memang memiliki wilayah laut sangat luas tentunya harus didukung dengan SDM yang mumpuni dan profosional di bidangnya untuk mengelola itu.

“ Ini adalah tawaran yang menarik untuk menjajaki kerjasama dalam rangka bagaimana memberikan tempat bagi putra-putri kita di Kabupaten PPU yang memang ingin berprofesi sebagai pelaut atau di sektor kemaritiman,” kata Hamdam.

Dia mengatakan bahwa dengan adanya tawaran dari pihak Yayasan STT Migas maupun Poli Teknik Ilmu Pelayaran Balikpapan ini kini para orang tua di PPU tidak perlu harus menyekolahkan jauh-jauh anak mereka. Karena sekolah ini telah diakui dan memiliki pengajar-pengajar yang memang berkompeten dan memiliki kapasitas dibidangnya untuk itu. Selain itu gedung dan fasilitas sekolah yang dimiliki pun sudah sangat baik, sehingga untuk mendapatkan pendidikan yang baik tentunya yayasan ini sudah pasti menyiapkan semua itu.

“ Kita juga bersyukur sekali bahwa dari pihak yayasan ada tawaran menarik untuk masyarakat PPU melalui ruang kerjasama ini. Bahkan pihaknya juga bersedia memberikan kesempatan berupa beasiswa bagi mereka-mereka yang kurang mampu maupun mereka-mereka yang berprestasi nantinya akan ada beasiswa dari pemda PPU,” ucapnya.

Dihatambahkan Hamdam bahwa kerjasama ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan SDM di kabupaten PPU yang tentunya disiapkan untuk mengisi Serambinya Ibukota Nusantara (IKN) di kabupaten PPU nantinya.

Sementara itu Ketua Yayasan sekaligus Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Balikpapan, Luhil Machfudz mengatakan bahwa kabupaten PPU memiliki potensi maritim kelautan yang sangat luar biasa. Oleh karenanya kedepannya pihaknya bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga bisa menjadi profesional maritim nantinya.

“ Hari ini kami menyampaikan bahwa di Balikpapan Kalimantan Timur juga ada sekolah unggulan. Kami berharap Kabupaten PPU yang sebenarnya punya potensi maritim kelautan yang sangat luar biasa kedepannya bisa didominasi oleh putra-putri daerah. Olehkarenanya kami bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga bisa menjadi profesional maritim yang siap bekerja, itulah visi misi kami,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa pihaknya juga berharap bisa menjadikan anak-anak kabupaten PPU mengenyam pendidikan di bidang energi dan bisa berkontribusi nyata bagi daerah.

“ Oleh karena itu hari ini kami menawarkan kepada bapak bupati agar masyarakat lokal bisa sekolah di tempat kami dengan MOU dan kerjasama sehingga kedepannya orang lokal tidak ketinggalan dalam hal kemaritiman maupun energi,” pungkasnya.

Untuk diketahui STT Migas Balikpapan akan menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024 dengan program studi masing-masing D3 Tehnik Instrumentasi dan Elektronika Migas, D3 Teknik Pengelolaan Migas, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Perminyakan.

STT Migas Balikpapan juga memberikan peluang beasiswa diantaranya PBUD Akademik non Akademik dan kerjasama. Kemudian Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), beasiswa pemerintah Daerah, beasiswa perusahaan dan beasiswa lainnya dengan link pendaftaran adalah http://pmb.migas.ac.id atau dapat melakukan koordinasi pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Bagian Kesra) PPU. (nk/*)