ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Sempat Rp120 Ribu Per Kg, Harga Bawang Putih di PPU Akhirnya Turun

Aktifitas pedagang bawang merah dan putih saat melayani pembelinya di salah satu pasar tradisional PPU

PENAJAM (NK) – Harga jual komoditi bawang putih sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sempat mencapai Rp100 ribu per kilogram (Kg) pada Selasa (7/5/2019), namun kini pada Rabu (8/5/2019) harga jual komoditi ini mengalami penurunan antara Rp58 ribu hingga Rp60 ribu per Kg.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) PPU, Surito Widarie menuturkan, hasil monitoring di pasar induk Petung PPU hari ini, terjadi penurunan harga beberapa komoditi pangan, termasuk harga bawang putih dan merah.

Ia mengungkapkan, pada hari Senin (6/5/2019) dan Selasa (7/5/2019) harga jual komoditi pangan bawang putih mencapai cukup signifikan yakni Rp100 ribu per Kg dan bawang merah dijual Rp80 ribu per Kg dari harga normal maksimal Rp40 ribu per Kg.

Tetapi dari hasil monitoring kami pada hari ini harga jual bawang putih mengalami penurun antara Rp58 ribu hingga Rp60 ribu per Kg sedangkan bawang merah rata – rata Rp35 ribu per Kg,”ujarnya.

Dibeberkannya, kenaikan harga jual bawang putih dan merah ketika itu diluar kendali pihaknya, karena stok dua komoditi ini mengalami penipisan bahkan langka di PPU akibat daerah sentra produksi di daerah jawa sekarang banyak gagal panen karena lahan pertanian masyarakat dilanda banjir.

“Akibat kondisi ini, suplay bawang merah dan putih menjadi terkendala sehingga stok menipis dan merupakan stok minggu lalu,”katanya.

Menurutnya, permintaan komoditi ini juga mengalami kenaikan pada saat puasa Ramadhan sedangkan stok terbatas akibatnya harga mengalami kenaikan cukup tinggi. Tetapi saat ini harga jual mulai berangsur menurun, mungkin karena mulai membaiknya pasokan komoditi pangan itu.

Selain bawang merah dan putih, lanjutnya, beberapa hari lalu harga jual daging ayam potong juga mengalami kenaikan antara Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per potong harga itu masih bertahan hingga sekarang. Dimana awalnya harga jual ayam potong sekitar Rp38 ribu per potongnya.

Sedangkan untuk harga telur ayam, lanjutnya, masih normal begitu pula harga daging sapi seharga Rp120 ribu per Kg. Sementara beras juga masih sangat normal, karena kebutuhannya mampu dipenuhi dari beras lokal yang mampu bertahan hingga tiga bulan kedepan, bahkan terjadi surplus stok beras di PPU.

“Kami berharap pasokan pangan ke wilayah PPU dapat berjalan lancar tanpa kendala, sehingga tidak berdampak pada harga komiditi pangan, sebab rata – rata kebutuhan pangan ke PPU berasal dari pulau Jawa dan Sulawesi,”pungkasnya.(nav/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top