Siap Laksanakan UNBK, Kadisdikpora PPU Khawatirkan Kondisi Listrik

Kepala Disdikpora PPU, Marjani


PENAJAM(NK) – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Marjani, dengan tegas mengatakan bahwa mulai tingkat SMP, SMA dan SMK di PPU siap menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut diutarakannya beberapa waktu lalu saat diwawancarai wartawan newskaltom.com dikantornya.

Dijelaskan Marjani, saat ini persiapan secara umum sudah 100 persen, hanya saja menurutnya terkait persiapan teknis masih 90 persen dikarenakan masih mengkhawatirkan kondisi listrik yang sering padam, telkom dan kondisi cuaca yang sering tidak menentu serta penyebaran soal.

“Namun secara keseluruhan sekolah SMP, SMA dan SMK di PPU sudah siap menghadapi UNBK,”ujarnya.

Lanjutnya, terkait ketersediaan komputer menurutnya sudah tidak ada masalah, karena tiap sekolah ada yang saling meminjamkan sesuai arahan Kementerian Pendidikan yang memperbolehkan peminjaman komputer antar sekolah saat UNBK, karena jadwal UNBK tiap tingkatan sekolah berbeda, serta terdapat beberapa siswa yang membawa laptop sendiri. Saat ditanya mengenai kondisi listrik yang belakangan sering padam, dirinya akan menyurati PLN perihal jadwal pelaksanaan UNBK agar pihak PLN dapat memaksimalkan listrik pada saat UNBK berlangsung.

Antisipasi selanjutnya, sekolah-sekolah menyediakan genset untuk mencegah jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman oleh PLN,”ungkapnya.

Ditambahkan Marjani, pelaksanaan UNBK tahun 2018 akan dilaksanakan pada bulan April mendatang dan diikuti sebanyak 53 sekolah, diantaranya sebanyak 40 sekolah tingkat SMP dan MTs, kemudian untuk SMA sebanyak 7 sekolah, dan SMK sebanyak 6 sekolah.

“Tahun 2017 lalu ada 17 sekolah tingkat SMP, SMA dan SMK yang ikut melaksanakan UNBK,”pungkasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.