SMPN 1 Penajam Laksanakan Qurban Sebanyak 4 Sapi

Suasana pemotongan qurban di SMPN 1 Penajam


PENAJAM (NK) – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Penajam melaksanakan berqurban  4 ekor sapi. Pemotongan dilakukan pada hari Sabtu lalu (2/9). Pemotongan langsung di saksikan kepala sekolah, guru-guru dan semua murid-murid.

Salah seorang Guru Agama Islam SMPN 1 Penajam, Muzakir mengatakan, semangat dan antusias murid-murid terlihat ketika pemotongan dilakukan, seraya berkumandang takbir bersama. Menurutnya, manfaat yang dapat diambil dari berqurban ini adalah penanaman dan penguatan pendidikan karakter yaitu ikhlas berkurban, kerjasama dan saling berbagi serta gotong royong.

“Saling berbagi kepada siswa yang kurang mampu disamping itu menghidupkan Sunnah nabi Alaihisalam, dan sebagai pendekatan kepada Allah SWT,”tegas Muzakir.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Penajam, Edt Prayitno menjelaskan, Dana qurban ini berasal dari sumbangan 1 ekor sapi, 2 ekor dari sumbangan murid-murid, dan 1 ekor dari guru-guru. Masing-masing murid sebesar Rp. 80.000. Dagingnya nanti akan dibagikan ke anak-anak, guru-guru serta masyarakat sekitar lingkungan SMP yang telah terdata. Disamping itu, pihaknya juga sedang membangun mushollah yang pendanaannya dari swakelola, diantaranya sebagian ada dari sumbangan para alumini SMP. Namun, pembangunan musholla masih memerlukan dana.

Alhamdulillah, kegiatan berqurban ini dapat terlaksana setiap tahunnya. Walaupun ada penurunan dari tahun sebelumnya,”ujarnya.

Terpisah, Ketua panitia pelaksana qurban, Suyatmi mengatakan, pelaksanaan qurban ini setiap tahun dilakukan. Diterangkannya, sebelumnya dilakukan pendataan terlebih dahulu dan yang diutamakan adalah siswa-siswi yang kurang mampu.

“Masing-masing kelas minimal 10 sampe 11 orang telah kami data. Selebihnya kami bagikan kepada murid-murid, guru-guru dan masyarakat sekelilingnya. Dengan jumlah murid 480 orang dan guru-guru berserta TU nya 43 orang. Semua bisa merasakan kebahagian dan saling berbagi kepada sesama,”pungkasnya.(humas/nk/red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.