Sukseskan TMMD Harus Samakan Visi, Misi dan Persepsi

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud dan Sekda, H. Tohar dan pejabat PPU lainnya saat mengikuti Rakornis TMMD ke 104 tahun 2019 di Balai Sudirman Jakarta

TNI – AD Kerahkan 7.500 Prajurit Laksanakan TMMD

PENAJAM (NK) – Dalam melaksanakan persiapan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-104 Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), maka seluruh pemangku kepentingan dan jajarannya harus menyamakan visi, misi dan persepsi. Demikian dikatakan, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, kepada newskaltim Jumat (15/02/2019).

Ia menjelaskan, pada Selasa kemarin (12/02/2019) dirinya bersama Sekretaris daerah PPU,H.Tohar didampingi sejumlah pejabat Pemkab PPU menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-104 tahun 2019, bertempat di Balai Sudirman Jakarta. Dimana dalam sambutan Staf Ahli Bidang Hankam Setjen Wantanas, Mayjen TNI Toto Siswanto, mengharapkan semua harus menyamakan visi, misi dan persepsi serta informasi arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan TMMD tersebut.

Hal ini, menurutnya penjelasan pak Mayjen TNI Toto Siswanto, agar program kegiatan TMMD ke-104 baik di tingkat pusat maupun daerah, sehingga pelaksanaan TMMD ke-104 dapat memperoleh hasil yang optimal sesuai harapan,”tuturnya.

Pada kesempatan itu, lanjutnya, Staf Ahli Bidang Hankam Setjen Wantanas tersebut juga menjelaskan tujuan TMMD  sangatlah jelas, sangat membantu Pemerintah daerah tersebut yang menjadi target TMMD, baik dalam percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik.

Dibeberkannya, berdasarkan keterangan Staf Ahli Bidang Hankam tersebut, sesuai jadwal yang ada pelaksanaan TMMD ke-104 TA 2019 akan berlangsung selama 30 hari, dimulai pada tangga 26 Februari sampai 27 Maret 2019 dilaksanakan di 50 Kodim,41 Korem dan 15 Kodam 150.

“Dalam TMMD kali ini ada sekitar 7500 Prajurit yang di turun dan di bagi ke lokasi TMMD tersebut,dari 50 Kabupaten/Kota, 72 Kecamatan dan 77 Desa demikian metari yang kami terima dari bapak Mayjen TNI Toto Siswanto,”ungkap Dandim.

Selain itu, masih dalam materi Mayjen TNI Toto Siswanto, dijelaskan upaya sinergi program TMMD dengan program Kemendikbud tahun ini, dilakukan terutama dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa guna menjaga keutuhan NKRI. Agar pelaksanaan program TMMD ke-104 TA 2019 dapat berjalan dengan baik.

Dikatakan Dandim, pada Rakornis TMMD kali ini, para peserta dibekali materi dari beberapa narasumber antara lain dari Sekjen Kemendikbud RI, Deputi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, perwakilan dari Mabes Polri, dan lain-Iain.

Ketika itu, tambah Dandim, Mayjen TNI Toto Siswanto menerangkan, program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI – AD untuk ikut membangun Bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan. Dimana kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Adapun tema yang diusung tahun ini yaitu “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.