Syukuri Hasil Panen, Desa Gunung makmur Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Suasana tradisi sedekah bumi di Desa Gunung Makmur, Babulu.


PENAJAM(NK) – Warga Desa Gunung makmur, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar tradisi sedekah bumi dengan melakukan kirab yang berisi sedekah hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil panen.

Tradisi sedekah bumi dan syukuran, Desa Gunung makmur, Kecamatan Babulu berlangsung pada hari Minggu, (22/10/2017) Ratusan warga ikut menghadiri dalam proses acara Tahunan yang biasa di laksanakan warga Desa Gunung makmur. Turut hadir semua komponen Pemerintah Desa Gunung makmur, hadir pula Babinsa dan Bhabinkamtipmas, Desa Gunung makmur.

Kepala Desa Gunung Makmur, Irfan Laking menuturkan, tradisi doa bersama dalam rangkaian sedekah bumi ini sudah berlangsung beberapa tahun, termasuk tahun ini 2017. Namun, tiap tahun mengalami perkembangan sesuai kondisi dan situasi masyarakat sekarang.

Lanjutnya, Saat ini, pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk membekali masyarakat supaya cinta terhadap tanah air. Tahun ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai tanah air, melalui kegiatan seperti ini.

Untuk itu, tradisi ini terus harus ada dan dikreasikan lebih ¬†baik tanpa mengurangi khidmat dan kemurniannya,”ujarnya.

Ditambahnya, tradisi ini juga mengingatkan masyarakat bahwa di Desa Gunung makmur ini ada berbagai suku yang perlu dipelajari, diketahui dan dijaga.

“Ini bentuk rasa persaudaraan kekeluargaan kita, di Desa Gunung makmur.”tambahnya.(nk/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.