Tahap Akhir Penyusunan Master Plan Smart City

PENAJAM (NK) – Penyusunan master plan smart city Penajam Paser Utara (PPU) memasuki tahap akhir. Hal ini ditandai dengan terselenggaranya Bimbingan Teknis (bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City tahap IV atau tahap akhir dari empat tahapan di aula lantai I Kantor Bupati PPU, Selasa (20/09/2022). Bimtek berlangsung selama dua hari dimulai hari ini hingga esok.

Pada bimtek kali ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo PPU) selaku penyelenggara selain menghadirkan narasumber dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, juga menghadirkan Gojek dalam kegiatan tersebut. Budi Santoso selaku Kepala Diskominfo PPU menyebut telah menunaikan janjinya kepada para peserta bimtek untuk menghadirkan Gojek pada bimtek kali ini. Dalam kesempatan tersebut, Gojek memperkenalkan produknya serta kerja sama yang dapat dilakukan dalam rangka mendukung perkembangan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di PPU. Budi menyebut Gojek akan bersama-sama membangun Kabupaten PPU menjadi Kota Cerdas (Smart City).

“Sekali lagi ini adalah upaya-upaya kita, bagaimana kita nanti mensejajarkan diri dengan ibu kota yang sudah mulai terlihat proses pembangunannya,” ucap Budi.

Ia pun mengingatkan kepada para peserta bimtek, dalam hal ini perwakilan dari Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan lainnya, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jika tidak ada halangan, akan mulai beroperasional di tahun 2024.

Sementara itu Rini Rachmawati, tim ahli UGM yang juga pendamping penyusunan Master Plan Smart City menyampaikan agenda bimtek berupa pemaparan program jangka panjang dan juga quick win yang sudah disusun pada bimtek sebelumnya. Hal ini guna memastikan kembali rancangan yang telah disusun serta evaluasi apabila masih ada yang perlu untuk diperbaiki. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyelesaikan kertas kerja terkait indikasi risiko dari keseluruhan quick win yang telah disepakati. Sesi ini dipandu oleh Sri Redjeki, yang juga merupakan tim ahli UGM.

Pada hari kedua bimtek, rencana akan dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh Pemerintah Kabupaten PPU terkait Smart City. Selain itu, penutupan rangkaian Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City Tahap I – IV akan dilakukan pula esok hari. Usai kegiatan bimtek, Rini Rachmawati beserta tim dan perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengunjungi lokasi quick win yang sudah disepakati.

“Jadi kami akan meninjau ke lapangan bersama dengan kementerian, meninjau di lapangan bagaimana quick win masing-masing tersebut, untuk kemudian bisa melihat prospek ke depan, dan juga prospek ke depan untuk quick win tahun berikutnya,” jelasnya. (DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)