Tanggulangi Karhutla Kodim 0913/PPU dan Pemkab Gelar Rakoor

Pj. Bupati PPU, Bere Ali saat menyampaikan arahan kepada peserta Rakoor Karhutla didampingi Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud dan Kajari PPU, Darfiah SH.MH

Bere : Kegiatan ini Perlu Untuk Menentukan Langkah Yang Harus Dilakukan

PENAJAM (NK) – Dalam rangka menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kodim 0913/PPU bersama Pemkab PPU, Rabu (29/8/2018) menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) bertempat diruang pertemuan Kodim 0913/PPU.

Kegiatan dihadiri Pj. Bupati Bere Ali, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kajari PPU, Darfiah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Arnold Wayong, perwakilan Polres PPU, beserta jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan  Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU serta instansi terkaitnya

Dalam kesempatan tersebut, Bere Ali menyampaikan, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika terjadi kasus-kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah PPU.

Bere Ali menegaskan, rencana yang sudah dibuat nantinya harus dilaksanakan dengan baik, mulai dari kesiapsiagaan tenaga, kesiapsiagaan peralatan, kesiapsiagaan prosedur, bagaimana memulai langkah, bagaimana keadaan logistik, masalah kesehatan dan hal-hal lain yang terkait dengan terjadinya bencana.

Dirinya berharap, kegiatan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan ini berada dalam satu komando pada Kodim 0913/PPU dan nanti ada juga sub-sub komando yang bekerja sesuai dengan prosedur utama, sesuai dengan skenario utama.

Manakala hal ini mampu kita laksanakan dengan baik, maka penanggulangan terjadinya bencana dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kewenangan yang dimiliki oleh sub-sub komando tersebut nantinya,”tegas Bere Ali.

Ditempat sama Kasubbid Kedaruratan, BPBD PPU, Samudri, menuturkan, terkait penanggulangan Karhutla, beberapa waktu terakhir ini memang banyak kejadian-kejadian kebakaran yang disebabkan oleh pengaruh cuaca kemarau.

“Untuk itu, kami berharap kepada dinas-dinas terkait untuk bersama-sama bersinergi dalam menanggulangi dan menangani bencana Karhutla di wilayah PPU ini,”pintanya.

Sementara itu, Dandim pada kesempatan itu juga membeberkan secara rinci terkait pelaksanaan penanggulangan kebakaran mulai dari penanganan kebakaran lahan gambut, pencarian dan penyelamatan korban kebakaran hingga penyediaan tempat-tempat pengungsian di beberapa daerah di PPU. (Humas 05/nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.