HEADLINE

Teror Corona, Pemkab Kubar Perketat Jalur Darat dan Sungai

Sekkab, Yacob Tulur saat menyampaikan keterangan pers didampingi Kadiskes, dr Ritawati Sinaga, Wakapolres Kompol Sukarman, Perwakilan Kodim 0912/KBR Danramil Barong Tongkok Kapten Inf Rahman, Sekretaris BPBD Albina, Kadis Perhubungan Rakhmat, serta Kabag Humas Sekkab Kubar Hendrita Teofilla (Imran/newskaltim.com)

Hasil Rapid Test Satu Warga Kubar Positif Corona

SENDAWAR (NK) – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur, terus giat dalam mengantisipasi dan melawan Covid-19. Bupati Kubar FX Yapan SH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Drs Yacob Tullur MM menjelaskan bahwa hingga saat ini Pemkab Kubar terus meng-update perkembangan data penanganan Covid-19 diwilayah itu.

Diantaranya terkait kunjungan orang melalui Posko Covid-19 pada jalur darat dan sungai di Kecamatan Bongan, Penyinggahan dan Bentian besar. Sementara per hari ini tidak ada kunjungan orang di posko wilayah Kecamatan Bentian Besar.

“Data ter-update di Posko Covid-19 Kecamatan Bongan, wilayah UPT Puskesmas Jambuk, hingga hari ini tercatat sebanyak 740 orang pelaku perjalanan (PP), serta jumlah kendaraan sebanyak 497 unit,” jelas Yacob Tullur dalam Konferensi Pers di Media Center Covid-19, Rumah Jabatan Bupati Kubar di Sendawar, Rabu (8/4/2020) sore.

Menurut Yacob Tullur, data per 8 april 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kubar saat ini sebanyak 188 orang. Kemudian selesai pemantauan 84 orang, dan proses pemantauan masih tersisa 104 orang.

“Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 5 orang, jumlah orang yang di rapid se-Kubar sebanyak 47 orang, dengan jumlah negatif 46 orang. Sementara jumlah yang positif tetap 1 orang, diisolasi di RSUD Harapan Insan Sendawar,” tegasnya.

Dia juga membeberkan, untuk klaster (kelompok) warga Kubar yang datang dari daerah terpapar Covid-19, Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, yang di karantina di mes paskibra di Sendawar, sampai hari ini berjumlah sekitar 20 orang.

“Pagi tadi (Rabu, Red,-.) ada 2 orang yang dijemput dari Kecamatan Muara Pahu. Kami imbau agar masyarakat tetap tenang dan menjaga kesehatan. Kurangi aktivitas diluar,” ucap Yacob Tullur.

Sekkab Yacob Tullur juga mengungkapkan, pelayanan yang diberikan kepada ODP yang di karantina di mes paskibra Kubar, selain fasilitas tempat menginap, makan minum, juga dari kesehatan memberikan vitamin dan pengobatan sistematis sesuai keluhan.

“Jadi kita memantau misalnya ada yang sakit flu atau batuk diberikan pengobatan sesuai. Mereka tetap dijaga oleh personel Polres, Kodim, BPBD, dan satpol PP,” tukasnya.

Terkait dengan jumlah kapal motor yang lewat di Pos Kecamatan Penyinggahan, menurut Sekkab tercatat sebanyak 39 orang masuk lewat jalur transportasi Sungai Mahakam.

“Berasal dari Kota Balikpapan 30 orang dan Kota Samarinda 6 orang. Dari jumlah itu, turun di Penyinggahan 3 orang, Muara Pahu 5 orang, Tering 1 orang, Marimun 1 orang, dan Long Iram 2 orang. Kemudian 12 orang melanjutkan perjalanan ke Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu,” terang dia.

Yacob Tullur menambahkan, saat ini Pemkab Kubar masih terus memantau proses penyelesaian ruang isolasi di Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Linggang Bigung.

“Sudah mendekati 100 persen, tinggal finishing saja. Berharap tidak ada yang masuk kesana, sebagai doa kita bersama. RSUD HIS ditunjuk sebagai rujukan. Tujuan kita menggiatkan perlawanan ini adalah agar Kubar bebas corona,” tandasnya.

Hadir mendampingi Sekkab Yacob Tulur dalam Konpers sore tadi, Kadis Kesehatan dr Ritawati Sinaga, Wakapolres Kompol Sukarman SH, Perwakilan Kodim 0912 Kubar oleh Danramil Barong Tongkok Kapten Inf Rahman, Sekretaris BPBD Albina, Kadis Perhubungan Kubar Rakhmat, serta Kabag Humas Sekkab Kubar Hendrita Teofila.

Untuk diketahui, Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019. Penyakit ini disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang kini melanda se-dunia.(ran/nk)

Berita Popular

To Top