Tiba di Bumi Etam Kasad Disambut Tradisi Tepung Tawar

BALIKPAPAN (NK) – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., tiba di Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (6/1/2022) pagi, disambut tradisi tepung tawar. 

Setibanya di Balikpapan, Kasad disambut oleh Pangdam VI/ Mulawarman (Mlw), Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Kapolda Kaltim, Asisten I  Prov Kaltim, serta Forkopimda bersama  Para pejabat Utama Kodam VI/Mlw, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Dhomber Balikpapan.

Kedatangan orang nomor satu di  Angkatan Darat disambut meriah dengan Tarian Datun Julud dan Tampung Tawar yang merupakan tradisi penyambutan tamu besar, khususnya di wilayah Kaltim, dipimpinan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Balikpapan, Abriantinus. 

Menurut adat Kalimantan, Tampung Tawar mengandung makna sakral sebagai upaya penolak segala rintangan dan bala bencana, serta bagian dari ritual mensucikan diri bagi yang menginjakkan kaki di bumi Etam Borneo. 

Berdasarkan Informasi yang dihimpun dari Penerangan Kodam Mulawarman, kunjungan Kasad merupakan Salah satu agenda kunjungan kerja Kasad  untuk mengunjungi para prajurit yang sedang bertugas di perbatasan RI-Malaysia.

Dalam lawatan perhelatan tersebut, Kasad didampingi istri yang juga sebagai Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Rahma Dudung Abdurachman, serta diikuti Asintel dan Asops Kasad. (ba/ra)