HEADLINE

Tingkatkan Nasionalisme, Koramil Sepaku Beri Pemahaman Wasbang Kepada Pelajar

 

Foto bersama dalam kegiatan pemberian materi Wasbang di SMKN 1 PPU


PENAJAM(NK) – Guna meningkatkan nasionalisme pada generasi muda,  Koramil 0913-04/Sepaku melaksanakan pemberian materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar di SMK Negeri 1 Penajam Paser Utara (PPU) yang berada di Jalan Negara Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku. Kamis, (12/10/2017).

Materi diisi oleh Danramil 0913-04/Sepaku beserta tiga personel Danramil Sepaku dan diikuti sekitar 450 peserta.

Danramil 0913-04/Sepaku, Kapten Inf. Priyanto mengatakan, dalam pemberian pemahaman wawasan Kebangsaan tersebut merupakan perintah dari pimpinan TNI AD yang harus dilaksanakan. Kegiatan tersebut bertujuan guna meningkatkan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan para pelajar, khususnya siswa-siswi SMKN 1 PPU.

Pemberian materi wasbang tersebut menyampaikan materi 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, yang pada intinya menghimbau kepada adik-adik untuk menjaga Pancasila sebagai satu-satunya idiologi bangsa Indonesia yang teruji kesaktiannya,”ujarnya.

Diakhir pemaparannya, Priyanto mengajak para pelajar untuk memanfaatkan kesempatan belajar di sekolah ini dengan baik, lebih giat dan tekun dalam belajar. Dirinya meminta agar pelajar dapat menyerap ilmu pengetahuan semaksimal mungkin.

“Perluas wawasan kita sehingga kelak adik-adik ini menjadi generasi bangsa yang cerdas, berkualitas dan berkarakter, dalam menyongsong tantangan masa depan bangsa,”katanya.

Priyanto menjelaskan, kegiatan tersebut sudah direncanakan setelah menerima ST dari Komando Atas, dan kegiatan seperti ini memang merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan.

“Kami sduah koordinasi dengan sekolah-sekolah untuk menambah wawasan pelajar sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia,”ungkapnya.

Terpisah, Komandan Kodim 0913/PPU, Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo menuturkan, dirinya berterima kasih kepada jajaran yang telah melaksanakan semua petujuk dan program kegiatan dengan baik. Diakuinya, ia telah perintahkan kepada jajaran untuk bekerjasama dengan sekolah-sekolah dalam hal memberikan wawasan kebangsaan ini sebagai upaya menyelamatkan generasi bangsa.

“Pelajar, Pemuda harus kita selamatkan dari berbagai pengaruh yang saat ini menghadang masa depan mereka, pengaruh faham radikal, terorisme serta penyalah gunaan narkoba dan lain-lain tentunya sudah banyak terjadi dimana-mana, untuk itu kita harus rajin memberikan mereka pembinaan-pembinaan serta kegiatan-kegiatan positif,”pungkasnya.(kanda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top