Edukasi

Uang NKRI Baru, Resmi Diluncurkan Hari Ini

NASIONAL(NK)-Presiden Joko Widodo, akan menghadiri peluncuran uang rupiah baru, Tahun Emisi (TE) 2016, yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) di gedung Bank Indonesia (BI), Senin, (19/12/2016).

Newskaltim

Uang rupiah baru yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) tersebut, terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. Uang rupiah baru ini akan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional.

Newskaltim

Dilansir dari Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi menjelaskan, uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Newskaltim

“Uang emisi terbaru ini, akan dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu.”ujarnya Senin, (19/12/2016).

Selain itu, untuk pemilihan gambar pahlawan yang akan terpampang di uang emisi terbaru ini, BI melibatkan sejarawan, akademisi, instansi terkait seperti Kementrian keuangan, Kementrian Sosial dan Pemerintah Daerah melalui Focus Group Discussion (FGD).

 “Gambar pahlawan memperhatikan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah. Pahlawan yang berjuang di lingkup nasional, mempunyai dampak besar, dan nilai patriotisme serta memiliki ketokohan seperti nama pahlawan sudah digunakan sebagai nama fasilitas umum,” ujarnya.

Sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan pengeluaran, pengedaran, dan atau pencabutan dan penarikan rupiah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat.(Lpt6/dream/mede/red).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top