Wartawan Ujung Tombak Publikasi

PENAJAM (NK) – KINERJA wartawan sebagai ujung tombak yang memberikan informasi secara luas memang punya peran penting. Sebab, dengan publikasi masyarakat menjadi tahu dan paham kinerja yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU yang salah satunya membidangi Penerangan/Pers, Irawan Heru Suryanto.

Politikus Partai BKP itu menegaskan, publikasi tidak akan maksimal bila tidak dibantu oleh media massa. Yang perannya adalah mensosialisasikan potensi daerah, dan penyebaran luasan informasi publik. “Kan wartawan ini menjadi ujung tombak publikasi. Dan saya sepakat kalau ada anggaran (APBD red) untuk mendukung itu,” ungkap Irawan sapaan akrabnya.

Dia menilai, selema ini kinerja jurnalistik di daerah berjuluk Benuo Taka ini diklaim sudah bangus. Sebab, selalu memberikan edukasi kepada masyarakat. “Terlepas dari pro dan kontra sebuah berita (karya jurnalistik), itu merupakan hal yang wajar. Yang jelas, bahwa subtansi dan keterbukaan informasi publik itu menjadi roh dari media massa,” sebutnya.

Disebutkan, sudah semestinya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ada take and give. Sebab, saling membutuhkan. “Satu sisi, masyarakat bagaimana bisa tahu tentang kinerja pemerintah daerah kalau tidak disosialisasikan dengan baik. Sementara kemampuan SKPD dalam mensosialisasikan program yang sudah mereka lakukan juga minim,” pungkasnya. (adv/NK2)