HEADLINE

100 Persen Logistik Pemilu di Kukar Terdistribusikan

Tim newskaltim.com saat menyambangi Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra di ruang kerjanya

Baru Tujuh Kecamatan Tuntaskan Penyebaran Formulir C-6

TENGGARONG (NK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyatakan, sudah 100 persen logistik Pemilu Serentak Tahun 2019 telah didistribusikan ke seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se – Kukar.

Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra, kepada newskaltim.com, Selasa (16/04/2019) menuturkan, sejauh ini sudah 100 persen pendistribusian logistik antara lain berupa surat suara, bilik dan kotak suara ke masing – masing KPPS di 18 kecamatan se Kukar.

Namun, lanjutnya, untuk pendistribusian formulir C-6 atau undangan untuk memiliki KPU Kukar baru menerima informasi yang telah tuntas tersebar hanya dari 18 Kecamatan baru ada di tujuh Kecamatan, sementara 11 Kecamatan lainnya belum mencapai 100 persen.

Belum tercapai 100 persen penyebaran C-6 tersebut, karena  saat petugas mengantar surat tersebut  ke rumah pemilih yang terdata dalam DPT, orangnya tidak berada di tempat,”katanya.

Ia menjelaskan, warga yang namanya masuk dalam DPT meskipun tidak memiliki C-6 bisa langsung datang ke TPS dengan syarat membawa KTP, KK, SIM, Paspor untuk menguatkan identintasnya kepada KPPS,

Dibeberkannya, adapun kecamatan yang telah menuntaskan penyebaran C-6 kepada pemilihnya yakni, Kecamatan Kenohan, Samboja, Kembang Janggut, Loa Janan, Sanga-sanga, Sebulu  dan Kecamatan Tambang, sementara kecamatan lainnya belum terpenuhi.

Ditambahkannya, terkait dengan surat suara tambahan untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), meskipun sudah ditunggu beberapa hari lalu, kini posisinya sudah standby di Kota Balikpapan.

Diakuinya, logistik ini dinilai agak telat dan waktu pendistribusiannya sangat mepet, karena pihaknya harus menunggu legitimasi keputusan  Makamah Konstitusi (MK). Namun dirinya optimis pendistribusian rampung hari ini, kalaupun ada kendala tetap diupayakan besok Rabu (17/04/2019) atau hari H pencoblosan sudah berada di 19 TPS pada enam Kecamatan tersebut yang mengalami kekurangan surat suara.

“Enam Kecamatan yang kekurangan surat suara tersebut adalah di Kecamatan  Tabang sebanyak tujuh TPS, Kecamatan Tenggarong empat TPS dintaranya TPS di Lapas, lalu, Kecamatan  Anggana di dua TPS, Kecamatan Samboja empat TPS, Kecamatan Muara Jawa satu TPS dan Kecamatan Marangkayu satu TPS. Dengan jumlah surat suara tambahan sementara sekitar 11.572 lembar,”pungkasnya.(im/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top