Adanya IKN Meningkatkan Kunjungan Pariwisata Pokdarwis Sahabat Somber Balikpapan

BALIKPAPAN (NK) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sahabat Somber Kota Balikpapan sangat menyambut baik kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim), terkhusus Kota Balikpapan sebagai kota penyangga dan gerbang menuju ke IKN Nusantara.

Badiri Dery selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sahabat Somber Kota Balikpapan menerangkan berkaitan dengan pengelolaan Pariwisata di Kota Balikpapan sebagai wilayah penyangga IKN Nusantara.

“Kami sangat menyambut baik hadirnya Ibu Kota di daerah kami Kalimantan Timur khususnya di Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang untuk menuju ke IKN, Tentu kami yakin bahwa Kota Balikpapan terdampak positif dengan pintu masuknya IKN melalui Balikpapan. Kelompok Sadar Wisata dapat berperan untuk menyambut para delegasi atau tamu-tamu yang memasuki IKN dari daerah sendiri maupun dari luar, agar tidak sekedar lewat di Balikpapan tapi mampir menikmati suasana keindahan Kota Balikpapan,” terangnya pada Sabtu (10/12/2022).

Kemudian, Kesiapan kami sebagai Pokdarwis untuk menyambut IKN, dengan meningkatkan kualitas SDM kami dan tentu harus berbenah diri, begitu juga dengan objek wisata yang kami pasarkan harus lebih berbenah lagi dan kami harus siap dengan segala sesuatunya.

“Sebagai upaya untuk mendukung hadirnya IKN, Kami Kelompok Sadar Wisata tentu saja untuk sarana dan prasarana ini akan kami kembangkan, bertambah dengan dukungan dari berbagai pihak. Tentunya dengan keberagaman fasilitas akan lebih menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan maupun yang secara tidak sengaja datang di Balikpapan, mereka tentu berpikir untuk mampir di tempat-tempat yang menarik di Balikpapan salah satunya di Somber ini,” ujarnya.

Pria yang kerap disapa Badiri menambhakan, Hadirnya IKN di daerah kami di Kalimantan Timur khususnya, akan membawa dampak positif. Bahwasanya dengan banyaknya manusia yang akan hadir di IKN melalui kota Balikpapan, semoga yang hadir di Balikpapan tersebut dapat berkesempatan menikmati suasana Kota Balikpapan yang kami siapkan di beberapa lokasi objek wisata di Balikpapan.

“Dampak positif lain hadirnya IKN di daerah kami banyaknya wisatawan yang masuk melalui Balikpapan dapat meningkatkan perekonomian khususnya kami selaku pengelola maupun masyarakat yang ada di sekitar kami,” ungkap Badiri.

Selain itu, “Kami Kelompok Sadar Wisata Sahabat Somber mendukung pembangunan IKN sepenuh hati sampai dengan selesai sesuai dengan target,” Pungkasnya (Bah/NK)