Kehadiran IKN Menciptakan Potensi Besar Bagi Putra Daerah Untuk Mengembangkan Kreativitas

BALIKPAPAN (NK) – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur memberikan dampak positif bagi masyarakat Kalimantan khususnya masyarakat kota Balikpapan yang merupakan kota penyangga dan gerbang menuju IKN Nusantara.

Ulfan Refianur sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu (Gagak) Bersatu kota Balikpapan, Ulfan Refianur menerangkan bahwa IKN merupakan anugerah yang sangat baik. Kehadiran IKN menciptakan potensi besar bagi para putra daerah khususnya kota Balikpapan untuk mengembangkan kreativitas-kreativitas, sehingga Balikpapan yang juga sebagai gerbang IKN semakin dikenal.

“Mungkin Balikpapan tidak begitu dikenal sama orang, tapi kami bersyukur selama adanya IKN, Balikpapan sebagai kota penyangga IKN akan lebih dikenal. Dan memberikan peluang besar bagi masyarakat Kalimantan khususnya
buat putra daerah Balikpapan,” terangnya pada Selasa (13/12/2022).

Pria yang kerap disapa ulfan menambahkan, Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu untuk IKN, sejatinya sudah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyambut IKN. SDM-SDM unggulan dan beberapa anggota pilihannya sudah di ikutkan seminar-seminar untuk sertifikasi keahlian, seperti alat berat dan konstruksi. Yang memang difasilitasi oleh Negara, Pemerintah kota Balikpapan, Dinas Ketenagakerjaan dan PUPR.

“Upaya lain menyambut IKN, kami sudah mempersiapkan SDM-SDM unggulan lokal, terutama lokal Balikpapan yang siap bersaing untuk pembangunan IKN. Selama IKN dibangun sampai selesai nanti, kalau bisa lebih diutamakan warga lokal dan jangan sampai kami hanya sebagai penonton saja,” ujarnya.

Selain itu, Gagak Bersatu Balikpapan mengupayakan peningkatan UMKM lokal terutama mengandalkan produk asli Balikpapan, seperti olahan bandeng diolah jadi amplang, dan olahan kepiting.

“Kami siap bersaing dengan pelaku usaha dari luar Kalimantan, dengan produk asli Balikpapan,” tegas Ulfan.

“Sebagai ketua Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu, khususnya kota Balikpapan agar dapat diberdayakan terutama pekerja lokal, pengusaha lokal dan UMKM lokal. Selain itu adanya IKN akan membawa budaya kami lebih meningkat agar bisa lebih dikenal setara Nasional bahkan Internasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dampak positif adanya IKN untuk kota Balikpapan khususnya, akan membuka banyak lapangan pekerjaan yang dapat mengakomodir/diutamakan warga lokal. UMKM dan produk-produk lokalnya dapat lebih dikenal dan bisa terjual laris di pasaran. Juga untuk perkenalan budaya-budaya lokal sendiri sekarang lebih sering ditampilkan terutama di acara-acara besar Pemerintahan.

“Tarian-tarian lokal beberapa kali Presiden RI datang ke sini juga ditampilkan,” ucapnya.

Ulfan melanjutkan, sebagai ormas Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu Kota Balikpapan siap untuk menjaga pembangunan IKN sampai selesai di tahun 2024.

“Kami siap menjadi Garda terdepan apabila ada oknum-oknum yang ingin menggagalkan berjalanannya IKN khususnya di Kota Balikpapan, kami siap bersinergi bersama TNI Polri untuk menjaga keamanan IKN,” pungkasnya (Bah/NK)