AGM Salurkan 28 Unit Kapal Nelayan PPU

28 unit kapal nelayan bantuan dari Kemenlutkan RI bagi kelompok nelayan di PPU

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM), Selasa (16/10/2018) di Pelabuhan Kelurahan Sesumpu Kecamatan Penajam, PPU menyalurkan 28 unit kapal nelayan untuk kelompok nelayan penerima dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan) RI.

Pada kesempatan itu, AGM dalam arahanya mengatakan, Pemkab PPU memiliki beberapa program salah satunya pemberian kapal nelayan bagi masyarakat nelayan.

Dan, lanjutnya,  bukan hanya pembagian kapal nelayan saja yang masuk di program Pemkab, namun ada beberapa program lainnya seperti bidang kesehatan, pendidikan yang saat ini lebih diutamakan.

Saya sudah melakukan koordinasi kepada pemerintah pusat khususnya yang membidangi masalah perikanan dan kelautan, untuk mengirimkan lebih banyak lagi kapal nelayan bagi masyarakat PPU,”katanya.

Terkait dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), lanjutnya, PPU telah memiliki sendiri TPI berada di desa Api – Api Kecamatan Waru,  sehingga para nelayan tidak menjual hasil tangkapannya ke pelelangan yang ada di kota Balikpapan.

“Semoga kedepannya para nelayan dapat memanfaatkan kapal nelayan yang dibagikan sebaik mungkin guna meningkatkan perekonomian para nelayan,”tukasnya.

Sementara itu, tambahnya, terkait aspirasi masyarakat tentang jalan di kelurahan Sesumpu, dirinya akan koordinasikan kepada dinas terkait untuk segera dilakukan pengaspalan jalan yang dikeluhkan itu, sedangkan untuk penambahan panjang dermaga dan keberadaan TPI serta pabrik es batu akan disampaikan ke instansi terkait guna dilakukan pengkajian.

Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan (DPK), Pahlawan Syahrani dalam laporannya mengatakan, kegiatan pemberian bantuan kapal nelayan ini dilaksanakan guna membantu masyarakat dalam memperbaiki perekonomian mereka.

“Meskipun jumlah kapal dibagikan tidak terlalu banyak, maka kami meminta kepada masyarakat yang belum mendapatkan dimohon untuk bersabar guna mendapatkan bantuan serupa kedepan,”ujarnya.

Untuk diketahui, jelasnya, pemberian kapal kepada masyarakat nelayan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta mengoptimalkan sumber daya perikanan di PPU.

Dibeberkan Pahlawan, kapal nelayan bantuan bagi nelayan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenlutkan RI yang dikhususkan bagi pelestarian kearifan lokal nelayan, dimana prosedur mendapatkan bantuan nelayan terlebih dahulu membuat kelompok nelayan.

“Kapal tersebut tidak diberikan dengan melalui transaksi jual beli akan tetapi, kapal-kapal tersebut diberikan hanya dengan melengkapi dokumen diperlukan seperti data diri dan kelompok nelayan. Total kapal yang diberikan kepada kelompok nelayan berjumlah 28 kapal jenis 3GT,”pungkasnya.(yud/nk)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.