Agustus, Gubernur Launching Bantuan Non Tunai di Balikpapan

Salah satu masyarakat penerima bantuan non tunai dari Kemensos RI melakukan transaksi belaja gas di warung yang telah disediakan

9.563 Gakin Balikpapan Bakal Dapatkan Bantuan

BALIKPAPAN (NK) – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Farouk Sihak, rencananya pada Agustus depan bakal melakukan launching program Kementerian Sosial berupa bantuan non tunai bagi keluarga miskin (Gakin) di wilayah Kota Balikpapan.

“Rencananya program Kementerian Sosial itu akan di launching pada 8 Agustus 2018 oleh Gubernur Kaltim Awang Farouk Sihak di Balikpapan, ujar Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan Abdul Azis kemarin.

Ia mengungkapkan, terdapat 9.563 Gakin di Kota Balikpapan akan mendapat bantuan non tunai dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Untuk di Kaltim launchingnya di Balikpapan oleh Gubernur. Semuanya telah siap.

Gakin penerima bantuan atau disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya mendapatkan bantuan non tunai Rp 110 ribu per Gakin setiap bulannya sebagaimana kuota untuk Balikpapan. Tapi dari kuota 9.563 KPM itu baru sekitar 5 ribu yang mendapatkan kartu belanja. Sisanya 4 ribu lebih belum,”bebernya.

Azis mengingatkan, bantuan non tunai tersebut harus habis di belanjakan beras dan telur di 14 warung elektronik yang telah disiapkan di enam kecamatan.

“Yang perlu kita sosialisasikan ke masyarakat kepada KPM bahwa kalau uang itu tidak dibelanjakan dalam satu bulan maka akan hangus. Jadi jangan sampai masyarakat menyimpannya atau ditabung, sebab harus dihabiskan dibelanjakan dalam waktu satu bulan sementara warungnya sudah siap,”tegas Azis.(ib/nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.