Akhir Tahun Pemkot Pastikan Waduk Teritip Beroperasi

Waduk atau bendungan Teritip ini akan segera beroperasi dan dipastikan akhir tahun sudah dapat melayani kebutuhan air baku masyarakat Balikpapan yang kini masih minim

Mas’ud : Pengoperasian Waduk Harus Sesuai Jadwal Tidak Molor

BALIKPAPAN (NK) – Waduk Teritip akhir tahun ini dipastikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) sudah beroperasi dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan pasukan air baku masyarakat. Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Ia menjelaskan, saat ini waduk yang memiliki kapasitas tampung sebesar 2,43 juta m3, itu sedang dalam tahap pengisian, sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan air baku Kota Balikpapan yang masih minim.

“Insya Allah akhir tahun selesai dan bisa beroperasi untuk memenuhi kebutuhan air baku warga,”ujar Rahmad Mas’ud.

Karena pembangunannya dilakukan Ditjen Cipta Karya karena menggunakan APBN lebih dari Rp 91 miliar lebih itu, sehingga Rahmad mewanti-wanti agar operasi waduk sesuai target dan tidak molor.

Jangan sampai sudah dikasih batasan waktu pekerjaan, malah tidak selesai sehingga bisa menjadi catatan yang tidak baik untuk Pemkot Balikpapan,”tegasnya.

Sementara terkait rencana menggunakan air baku dari Penajam Paser Utara (PPU) karena sudah menadatangani MoU dengan Pemerintah Kabupaten. Rahmad menuturkan, merupakan target jangka panjang yang akan dilakukan.

Karena kata dia, meski nantinya Waduk Teritip sudah beroperasi namun Kota Balikpapan masih tetap akan kekurangan air baku sehingga tetap akan menggunakan air baku dari PPU.

“Itu kan rencana. Semua boleh direncanakan dan itu perencanaanya untuk masa depan. Waduk kita kan terbatas, jadi harus ada persiapan 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun ke depan,” ujarnya.

“Kerja sama itu wajar saja dilakukan. Nanti juga akan dibahas teknis kerja sama lanjutannya, termasuk pola pembelian dan distribusinya. Nanti regulasinya juga diatur,” ujarnya.(ib/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.