Aksi Anggota Kodim PPU Buat Tangis Seorang Kakek

Penyerahan hasil bedah rumah anggota Kodim 0913/PPU kepada Kakek Tuwot

PENAJAM (NK) – Seorang kakek  warga Jalan Bangun Mulyo Km. 6 RT. 14, Kelurahan Waru Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bernama Tuwot yang telah berusai 85 tahun, menangis gembira karena aksi yang dilakukan anggota Kodim PPU yang dipimpin Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud S.Ip, Kamis (21/02/2019).

Tangis gembira kakek yang selama ini hidup sebatang karang di rumahnya itu dinilai masuk akal, karena aksi anggota TNI – AD tersebut sungguh mulia dan tanpa pamrih telah membangunkan rumah untuk kakek Tuwot, melalui kegiatan bedah rumah  karya bakti  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Untuk diketahui, selama ini kakek Tuwot yang kini usainya telah mendekati satu abad tersebut, tinggal di rumah kayu yang sangat tidak layak dan hidup sebatang kara tanpa ditemani anak ataupun cucu dan saudaranya, sehingga semua dilakukannya sendiri. Selain itu, dia tidak memiliki kemampuan baik uang maupun tenaga untuk memperindah rumahnya yang hampir semua kayunya telah lapuk dimakan usia. Jangankan untuk memperbaiki rumah, berjalan saja dirinya sudah tidak segagah seperti masih muda dulu.

Tetapi Allah tidak diam, karena doa yang setiap saat diucapkannya menuaikan hasil, melalui tangan – tangan anggota Koramil 02/Waru yang dipimpin Danramil Waru, Kapten Inf Martono, memberikan informasi kepada Dandim bahwa ada satu warga di kecamatan Waru  sangat membutuhkan bantuan bedah rumah.

Kondisi rumah Kakek Tuwot sebelum dibedah dilakukan pengecekan oleh  Danramil Waru, Kapten Inf Martono                                                                                   didampingi seorang warga

Informasi tersebut, yang diterima  Dandim 0913/PPU, Letkol Inf, Mahmud, ditindaklanjuti dengan peninjauan lokasi serta penyusunan rencana bedah rumah, yang ditetapkan dikerjakan pada Februari 2019 dengan waktu pekerjaan selama 14 hari. Hasil pekerjaan puncaknya berupa penyerahan satu unit bedah rumah dari Dandim didampingi Ketua perait KCK cabang XLV dim 0913, Ny. Mahmud kepada kakek Tuwot pada Kamis (21/02/2019).

Penyerahan satu unit rumah tersebut disaksikan, Danramil 02/Waru,  Kapolsek Waru, Iptu Singgih, Camat Waru diwakili Staf Umum, Supianto, Lurah Waru diwakili, Alimudin, Kepala UPTPU Waru dan anggota, Kepala Humas PT WKP Waru, Ketua Persit Ranting 3 Koramil Waru beserta anggota, perwakilan Desa Bangun Mulya,  para Ketua RT se Waru dan warga sekitar.

Pada kesempatan itu, Letkol Inf. Mahmud, S.Ip,  menuturkan, TNI – AD dalam satu komando ke wilayahan Kodim beserta jajarannya dan Koramil dimana daerah atau Desa ini merupakan wilayah tanggung jawab dari Koramil Waru. Kini selalu besenergi dengan aparat, baik itu kepolisian, pemerintahan kecamatan maupun desa sehingga dari Kodim dalam hal ini adalah Koramil Waru, dapat berbagi dengan masyarakat yang ada di wilayah tanggung jawabnya, yaitu diadakannya bedah rumah dengan cara bergotong-royong.

Dengan bantuan dari berbagai pihak kita wujudkan bedah rumah ini, dari kondisi awal yang perlu adanya peningkatan perbaikan semoga saja bukan satu rumah ini saja, kedepannya kita akan melihat kembali dimana titik-titik warga yang perlu kita bantu untuk melaksanakan bedah rumah. Mari bersama-sama mendukung kegiatan itu, harapnya program ini tidak hanya berhenti sampai disini saja dan tentu kampung lainnya bisa terlaksana juga,”tegasnya.

Terpisah, Supianto  mewakili Camat Waru menyebutkan, pemerintahan kecamatan Waru sangat menyambut baik program bedah rumah ini, karena ini betul-betul untuk masyarakat yang membutuhkannya.

“Jadi kami sangat memberikan apresiasi positif. Berharap program seperti Ini bisa terus berlanjut. Nanti kedepannya bisa saling bekerja sama antara Koramil Waru dengan Kecamatan Waru untuk bergotong royong dan saling bahu membahu dalam kegiatan seperti serupa,”ujarnya.

Senada dengannya, Ketua RT 14 Kelurahan Waru, Udin menambahkan, dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Koramil Waru beserta jajarannya atas aksi sosial yang dilakukan tersebut.

“Kami mengapresiasi program seperti ini, berharap bantuan serupa juga dilakukan untuk warga lainnya di wilayah PPU,”pungkasnya.(nav/dim/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.