Aliansi Pemuda PPU Deklarasi Pemilu Damai di PPU

Wakapolres PPU, Kompol Nina Ike Herawati menerima Pernyataan Sikap Aliansi Pemuda PPU dari Korlap aksi Pemilu Damai, Roni Setiawan 

Desak Aparat Tolak Ijin Sarat Provokatif Pada Pemilu 2019

PENAJAM (NK) – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Penajam Paser Utara (PPU) dengan Korlap Roni Setiawan yang juga Ketua GP Anshor PPU, Selasa (28/8/2018) sekitar pukul 10.00 mendeklarasikan pernyataan sikap Aliansi Pemuda PPU tentang pemilu damai.

Kegiatan yang digelar di simpang tiga lampu merah Gerbang Madani tersebut mendapat pengawalan puluhan anggota Sabhara Polres PPU. Massa tampak juga membawa kertas karto bertuliskan, Stop politisasi sara, Tolak politik uang, Pemilu tanpa isu sara, Yang waras jangan ngalah, Pemilu tanpa provokasi, Pemilu damai, Pemilu bersih tanpa hoax, #2019pemiludamai dan #2019tolak aksi provokasi.

Dalam orasinya, Roni membacakan deklarasi pernyataan sikap pemilu damai berjumlah lima point yakni :

  1. Mendesak semua pihak untuk melakukan politik yang damai, tidak membawa isu sara, intimidasi dan politik uang yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan.
  2. Menyerukan kepada semua elemen masyarakat agar tidak terpancing dengan berbagai provokasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan tetap menjaga kerukunan walau berbeda dalam pilihan politik.
  3. Meyerukan kepada elit politik agar tidak memperkeruh suasana menjelang pemilu 2019.
  4. Menghimbau seluruh partai politik agar dalam berdemokrasi tidak mencederai nilai-nilai Pancasila.
  5. Mendesak aparat menolak ijin kegiatan apapun yang sarat akan pesan provokatif pada Pemilu 2019 yang berpotensi menciptakan konflik horisontal.

Usai melakukan aksi di simpang tiga lampu merah Gerbang Madani tersebut, kemduian massa bergerak menuju Mapolres PPU langsung diterima Wakapolres PPU, Kompol Nina Ike Herawati sembari membacakan dan menyerahkan pernyataan sikap Aliansi Pemuda PPU.

Pada kesempatan itu, Wakapolres PPU mengucapkan rasa terima kasih kepada Aliansi Pemuda PPU untuk menyampaikan deklarasi tersebut, pada dasarnya Polres PPU mempunyai etikat sama untuk menciptakan kondisi Kantibmas yang kondusif.

Dengan deklarasi pernyataan sikap pemilu damai ini, saya mohon juga agar peserta aksi menyampaikan kepada masyarakat luas agar dalam Pemilu nanti kita bersama sama ciptakan keamanan ketertiban masyarakat di PPU,”pinta Wakapolres.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini Polres PPU juga berencana melakukan deklarasi Pemilu Damai dan berharap Aliansi Pemuda PPU juga menghadirinya kegiatan tersebut.

“Terkait dengan ijin kegiatan masyarakat ke Polres PPU, Kami akan selektif memberi ijin pada kegiatan masyarakat dan hanya diperbolehkan berisi atau bertemakan  kegiatan Pemilu Damai,”pungkas Nina.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.