HEADLINE

Antisipasi Kebakaran, PMK Sepaku Lakukan Pengecekkan Instalasi Listrik

Dua petugas PMK Posko Sepaku, Ahmad Nur dan Ardimansyah

PENAJAM (NK)- Pemadam Kebakaran (PMK) Posko Sepaku melakukan pengecekan instalasi listrik ketersediaan tabung apar. Kamis, (29/12/2016).

Salah seorang petugas pemadam kebakaran, Ahmad Nur menjelaskan, kegiatan ini dilakukan karena adanya perintah dari Sekertaris Daerah untuk melakukan pengecekan instalasi listrik ketersediaan tabung apar.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran  karena pengalaman sebelumnya kebanyakan kejadian kebakaran  khususnya di kecamatan sepaku rata-rata karena terjadi  konselting listrik,”jelasnya.

Ahmad Nur mengatakan, pengecekan ini di lakukan dengan cara penggambilan sampel di Kantor Desa, Tempat usaha seperti warung-warung, toko, sekolahan. Selain itu di sekolahan kami juga melakukan simulasi untuk melakukan pemadaman dini dengan siswa dan dewan guru.

Simulasi ini di lakukan agar bisa mengatasi apabila ada terjadi percikan api ataupun kebakaran kecil sehingga mereka bisa mengaplikasikannya serta dapat  mencontohkan kepada orang tua di rumah maupun tetangga,”ungkapnya

Ditambahkannya, kebanyakan warga apabila melihat adanya kebakaran kecil, mereka panik dan bingung untuk mengatasi oleh sebab itu dilakukan sosialisasi pemadaman dini. Kegiatan rutin di lakukan tiap tahun untuk melakukan pengecekan di setiap daerah. Yang di periksa adalah terminal listrik, stop kontak, Standarisasi kabel, alat yang di gunakan SNI dengan tembaga kuningan.

“Apabila hasil pengecekan baik maka kami tetap memberikan saran dan penjagaan agar tidak terjadi konslet ataupun kebakaran,” tambahnya.(nis/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top