Antisipasi Kebocoran Gas, Peresmian Jargas PPU Ditunda

Ahmad Usman

PENAJAM (NK) – Peresmian pengoperasian sambungan aliran Jaringan gas (Jargas) ke rumah tangga program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) RI di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) rencananya dilaksanakan Senin (14/01/2019) kemarin akhirnya ditunda karena masih dilakukan kegiatan antisipasi kebocoran sambungan gas oleh kontraktor pelaksana.

Hal ini diungkapkan, Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setkab PPU, Ahmad Usman, kepada newskaltim.com Jumat (18/01/2019).

Dapat dipastikan peresmian pengoperasian sambungan Jargas rumah tangga ditunda dan dilakukan pengunduran waktu dimana telah direncanakan pada Senin kemarin, hal itu karena kontraktor pelaksana masih melakukan uji coba antisipasi titik kebocoran gas pada sambungan gas yang telah terpasang,”katanya.

Selain itu, lanjutnya, pengoperasian sambungan gas yang telah terpasang di 4.260 rumah warga  di Kecamatan Penajam juga terkendala dengan penyambungan pipa induk milik PT Pertamina (Persero) melalui terminal distribusi gas yang sempat mengalami kebocoran.

Ia menuturkan, pengoperasian sambungan Jargas ke rumah warga di wilayah Kecamatan Penajam, direncanakan kembali hingga dua bulan ke depan, setelah semua kegiatan oleh kontrakor pelaksana telah rampung dikerjakan.

“Selain itu penundaan pengoperasian tersebut juga disebabkan kesibukan KESDM RI,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.