Apresiasi Gebrakan Bagian Aset Pemerintah

PENAJAM (NK) – Upaya pemerintah daerah untuk melakukan stikerisasi terus didukung DPRD Penajam Paser Utara (PPU). Sebab, menjadi pencegahan terhadap penyalahgunaan kendaraan dinas. Itu diungkapkan Anggota Komisi III DPRD PPU Sudirman kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Dia berharap, pengamanan aset negara tidak hanya sebatas pada kendaraan. Namun termasuk aset tanah yang semestinya menjadi perhatian pemerintah. “Minimal dipublis aset pemerintah yang bergerak maupun tidak bergerak apa saja? Kalau bisa itu dipublis di media masa agar semua orang tahu,” pintanya.

Kader Partai PDI Perjuangan itu menegaskan, pemublikasian dinilai sangat penting. Apalagi masalah tanah hingga saat ini masih menjadi persoalan. Bahkan beberapa tanah pemerintah yang pernah dibeli diklaim oleh oknum masyarakat. “Itu kenapa? Karena pemerintah daerah tidak pernah memasang plang. Minimal harus ada plang bertuliskan milik pemerintah daerah, katakanlah akte pembelian nomor sekian dan sekian,” sebutnya.

Sudirman menambahkan, sejauh ini yang diketahuinya belum ada plangisasi terhadap aset tanah pemerintah. Sehingga ada potensi orang merasa bebas. “Apalagi jika ada orang yang tidak mau tahu menahu, menurutnya tanah itu milik tuan. Mudah-mudahan ke depan semua aset pemerintah bisa dilabeli,” harap pria murah senyum tersebut.

Dia pun cukup menyayangkan ada aset pemerintah daerah yang sudah mahal dibeli, namun diserobot orang. Sehingga pemerintah daerah harus mengeluarkan uang lagi ketika bermasalah dengan hukum. “Harus menyiapkan pengacara dan lainnya untuk mempertahankan lahan yang sudah dibeli. Dang akhirnya menghambat pembangunan,” sesalnya.

Sudirmannn mengaku menanti berbagai gebrakan Bagian Aset, agar terus semakin baik. Dimulai dengan melakukan pengamanan kendaraan dinas. “Kalau perlu semua dirilis soal kendaraan dinas itu. Berapa yang sudah diamankan dan berapa yang belum? Mudah-mudahan semuanya sudah, kalau pun ada yang hilang ya pertanggungjawabannya seperti apa,” pungkasnya. (Advertorial/NK2)