CPNS 2021, Honorer Harus Prioritas

PENAJAM (NK) – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah dipastikan mendapat kuota 702 formasi, untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi I DPRD PPU Andi Yusuf kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Disebutkan, pihaknya telah menanyakan soal CPNS PPU 2021 kepada Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) PPU. Mengingat tahun lalu daerah berjuluk Benuo Taka tak mendapat kuota sama sekali, maka tentulah menjadi atensi. “Kami sudah tanyakan lewat WA apakah PPU dapat kuota CPNS. Diinformasikan PPU dapat 702 slot,” katanya.

Kader Partai Golkar tersebut mengatakan, total 702 kuota tersebut terbagi menjadi P3K dan CPNS. Di antaranya teknis pendidikan (P3K) sebanyak 416 formasi, teknis kesehatan 144 formasi, dan teknis umum 142 formasi. “Informasi dari BKPSDM rekrutmen nanti dibuka umum dan itu bersamaan,” sambung Andi Yusuf.

Pria yang juga Ketua Golkar PPU itu berharap, honorer yang telah lama mengabdi diberikan prioritas, agar lebih diutamakan lulus. “Karena itukan terbuka umum, maka ada suatu persiapan dari daerah tapi tidak berarti menutup dari pada sesuai undang-undang yang berlaku. Harapan kami sudah dipersiapkan sedini mungkin yang sudah honor diprioritaskan jadi P3K atau CPNS,” harapnya.

Diungkapkan, honorer itu sudah punya kemampuan dan pengalaman. Sehingga ketika diterima sebagai CPNS ataupun P3K justru akan lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan kinerja. “Pada saat pembukaan pendaftaran, ternyata sudah lama honor dan sudah ada data valid, mungkin bagaimana pemerintah agar bisa lebih diterima,” pungkasnya. (Advertorial/NK2)