Aroma Minyak Menyengat, Timkes Polres PPU Periksa Kesehatan Warga

Petugas kesehatan Polres PPU Ipda Abiantoro saat melaksanakan periksa kesehatan warga yang terkena dampak tumpahan minyak di laut teluk Balikpapan

PENAJAM (NK) – Pasca insiden terbakarnya tumpahan minyak di perairan teluk Balikpapan, Tim kesehatan (Timkes) Polres Penajam Paser Utara (PPU) Polda Kaltim berkoordinasi dengan tim kesehatan Pemkab PPU serta melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap korban terdampak tumpahan minyak tersebut, Minggu (1/4/2018).

Kapolres PPU. AKBP Sabil Umar melalui Petugas kesehatan Polres PPU Ipda Abiantoro mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap korban terdampak tumpahan minyak di teluk Balikpapan dilakukan di beberapa daerah, diantaranya, Kampong Kayu Api, Pelabuhan Ferry, Speedboat dan Kelotok Penajam semua berada di Kelurahan Penajam serta wilayah pesisir pantai Penajam.

Kita cek kesehatan warga yang berada di dekat laut, karena munculnya aroma minyak cukup menyengat hingga ke pemukiman warga,”ujarnya.

Ditambahnya, dampak tumpahnya minyak menimbulkan aroma yang mengangu warga dan mencemari pesisir pantai sekitar 13.9 kilometer dari Kelurahan Buluminung dengan ketebalan minyak hampir 1 cm.

“Tumpahan minyak juga menumpuk di pelabuhan kelotok dan Speedboat Penajam,”ucapnya.

Sementara itu, Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar menghimbau warga PPU agar selalu menjaga kesehatan pasca insiden tumpahan minyak tersebut dengan selalu menggunakan masker serta tidak membuang puntung rokok ke laut.

“Warga jangan membuang puntung rokok ke laut, karena itu bisa memicu munculnya api akibat tumpahan minyak,”pungkasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.