HEADLINE

Banjir di Kukar Surut, BPBD Laksanakan Penanganan Pasca Bencana


TENGGARONG (NK) – Bencana banjir dan tanah longsor  yang terjadi di sejumlah daerah  di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sejak Sabtu (8/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019) kondisinya kini berangsur menyurut. Penanganan berupa penyedotan dan pembersihan pasca bencana langsung dilaksakana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar  di beberapa titik pada Senin (10/6/2019).

Pantauan newskaltim.com di lapangan, BPBD di bantu oleh TNI/Polri Dinas PU, Satpol PP, Relawan Pramuka, Ormas dan warga masyarakat Kota Tenggarong telah melakukan pembersihan, penyedotan hingga normalisasi  di beberapa lokasi bencana.

BPBD Kukar beserta tim pada Senin (10/6/2019) di mulai pukul 07:00 Wita di awali Perum Tambak Rel, Rangga Yuda Kelurahan Mangkurawang,  Jalan Lai, Jalan Durian dan Jalan Bougenville di Kelurahan Panji.

“Sebagian lokasi yang disisir oleh tim ada beberapa tempat, ketinggian air sudah berangsur surut dan kembali normal,”tukas Ketua Divisi Pelaksana Lapangan BPBD Kukar, Marsidik ditemui dilokasi kegiataan.

Dibeberkannya, melalui penanganan penyedotan menggunakan mesin jenis Alkon dan pembersihan drainase menggunakan kendaraan alat berat jenis loader di beberapa titik lokasi yang sempat terendam banjir terlihat mengalami penurunan intensitas air. Penanganan penyedotan berlangsung di sekitar wilayah Kota Tenggarong diantaranya, Perum Tambak Rel, Rangga Yuda di Kelurahan Mangkurawang.

Sementara, lanjutnya, hingga kini  masih berlangsung proses penyedotan di titik lain yakni di Jalan. Bougenville di Kelurahan Panji dan Jalan Durian Kelurahan Panji. hal serupa juga dilakukan oleh tim untuk dampak tanah longsor di Jalan Lai Kelurahan Panji, berupa normalisir jalan dan drainase  yang terkena tanah longsor pada Minggu (9/6) kemarin.

“Tim  juga sedang menyisir lokasi Jalan menuju kawasan wisata Waduk Panji sebagai salah satu kawasan konsentrasi luapan air banjir terjadi Minggu kemarin, berupa penanganan pembersihan. Sementara itu di tempat lain terlihat aktivitas pembersihan dekat lampu merah menuju Kampus Unikarta, demikian upaya-upaya penanganan pada hari ini di lapangan,”katanya.

Berdasarkan informasi terbaru dari Ketua Divisi Pelaksana Lapangan BPBD Kukar, Marsidik yang diterima redaksi newskaltim.com pada malam hari ini, sedang berlangsung penyisiran sekaligus pembersihan pasca longsor di Jalan Triu.  (im/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top