Beri Pemahaman ke Pelajar, Calon Anggota Polri Harus Siap Fisik dan Mental

Anggota Bagian Sumda Polres PPU saat memberikan sosialisasi kepada penerimaan polri di SMAN 1 PPU

PENAJAM(NK) – Bagian Sumber Daya ( Bag Sumda ) Kepolisian Resor Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan kegiatan sosialisasi penerimaan Polri pada hari Senin (23/10/2017) bertempat di SMA N 1 PPU.

Dihadapan para Pelajar SMA N 1 PPU, Anggota Bag Sumda Aiptu Nursidah, Bripka Sumanto dan Brigadir Dedi menyampaikan materi terkait mekanisme penerimaan Anggota Polri mulai dari tahap pendaftaran, pemeriksaan administrasi awal (rikmin awal), pemeriksaan kesehatan I (rik kes 1), pemeriksaan kesehatan II (rik kes 2), ujian akademik, pemeriksaan psikologi, ujian kesamaptaan jasmani, pemeriksaan admnistrasi akhir (rikmin akhir), hingga sidang penetapan kelulusan. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan terkait tugas-tugas yang diemban setelah lulus nanti.

Menjadi personel dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri), penuh banyak tantangan. Selain punya tanggung jawab sebagai pengayom masyarakat, juga harus bersedia ditempatkan di mana saja. Namun jika dijalani dengan keikhlasan, besarnya tanggung jawab tetap bisa diemban.

Aiptu Nursidah mengatakan untuk menjadi anggota Polri juga tidak mudah. Ada beberapa tes yang harus dilalui, terutama soal kekuatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, jika memang berminat untuk begabung, mulailah dari sekarang untuk melatih fisik. Jangan sampai saat sudah seleksi di Polda, tiba-tiba mengundurkan diri karena tidak kuat,” jelasnya.

Di tempat terpisah Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan menuturkan, pihaknya mensosialisasikan penerimaan Anggota Polri baru sedini mungkin sehingga bagi para pelajar yang ingin menjadi Anggota Polri baik laki-laki maupun perempuan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari sekarang.

“Yang ingin mendaftar agar mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari sekarang,”pungkasnya.(humaspolresppu/nk/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.