Besok, BPBD PPU Gelar Latihan “Jungle Rescue”

BPBD PPU


PENAJAM(NK) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar peelatihan “Jungle Rescue” guna meningkatkan kemampuan tim Satgas BPBD PPU dalam menangani evakuasi diwilayah hutan. Kamis, (4/1/2018).

Kegiatan dilaksanakan mulai 5-7 Januari 2018 di hutan lindung sekitar PT. Kebun Mandiri Sejahtera (KMS) Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam. Kegiatan tersebut dilatih langsung oleh personel Kodim 0913/PPU dan diikuti sebanyak 23 peserta dari Satgas BPBD PPU.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD PPU, Junaidi mengatakan, kegiatan tersebut terkait proses penyelamatan, evakuasi, hingga pencarian korban yang berada di wilayah hutan. Dijelaskannya, dalam pelatihan tersebut akan dilakukan simulasi pencarian korban yang berada di dalam hutan.

Nanti akan ada simulasi pencarian pesawat jatuh di hutan. Jadi, kita hanya memberi titik kordinatnya saja dan Satgas akan mencari titik tersebut,”ujarnya.

Diakuinya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari pelatihan rutin yang dilakukan BPBD PPU dalam rangka meningkatkan kemampuan satgas BPBD PPU.

“Pelatihan satgas BPBD PPU ini rutin kita lakukan, tapi untuk pelatihan rescue hutan ini baru pertama kali kita laksanakan,”pungkasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.