HEADLINE

Budidaya Ikan Bandeng di PPU Bisa Dijadikan Produk UKM

Ikan Bandeng

PENAJAM(NK)- Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merupakan daerah yang kaya akan hasil lautnya, salah satunya ikan Bandeng. Ikan jenis ini cukup banyak di budidayakan di PPU dan sebagian besar dijual keluar daerah. Padahal, ikan bandeng tersebut dapat dikelola menjadi usaha kreatif atau Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat PPU dengan menjadikan ikan bandeng presto. Sabtu, (15/10/2016)

Seorang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman Samarinda, Iqbal adi Surya mengatakan, ikan bandeng jika dikelola sedemikian rupa akan menghasilkan keuntungan lebih, seperti jika dibuat ikan bandeng presto atau yang sering disebut masyarakat dengan sebutan ikan bandeng tanpa duri. Menurutnya, usaha tersebut bisa dijadikan wirausaha bagi masyrakat.

Memang sudah ada sebagian masyarakat yang mengelola ikan bandeng menjadi ikan bandeng presto di PPU, tapi masih segelintir orang saja dan hanya melayani pesanan saja. Belum ada yg betul-betul fokus menggeluti usaha ini, padahal hasilnya cukup menjanjikan,”ucapnya.

Ditambahkannya, perlu adanya sosialisasi yang aktif dari dinas terkait kepada masyarakat tentang pengelolaan Ikan bandeng presto ini agar dapat menjadi peluang wirausaha yang dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dan daerah yang ada di PPU.

” Juga bisa menjadi oleh-oleh khas PPU,”pungkasnya.(Red/Kanda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top