HEADLINE

Bupati Yusran: Kondisi Keuangan Daerah Ibarat Tsunami

NEWSKALTIM.COM, PPU – Sisa saldo Kas daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga September 2016 hanya tersisa Rp 83 miliar. Angka tersebut diungkaplkan Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar.

“Kondisi keuangan daerah saat ini ibarat tsunami, karena minimnya dana transfer serta bagi hasil minyak dan gas bumi dari pusat,” jelas Yusran Aspar pada pertemuan dengan kontraktor di Penajam, kemarin, 21/9/2016.

Dengan krisis keuangan saat ini, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara baru bisa melakukan pembayaran kepada kontraktor pada tahun depan, yang jumlahnya Rp 148 miliar.

“Kas daerah hanya tersisa Rp 83 miliar, jadi pemerintah daerah perlu melakukan upaya penghematan anggaran,” ujarnya.

Kondisi keuangan daerah saat ini ibarat tsunami, karena minimnya dana transfer pusat.

Terlebih, diprediksi penerimaan pendapatan sampai akhir 2016 lanjut bupati, hanya mencukupi untuk kebutuhan rutin pegawai.

Terpaksa beban pembayaran kepada kontraktor yang mencapai Rp 148 miliar, kemungkinan ditunda hingga 2017, tegas Yusran.

Penundaan pembayaran kepada kontraktor tersebut menunggu realisasi pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTP sebesar Rp 150 miliar dari PT Pertamina.

Pembayaran bisa dilakukan setelah PT Pertamina membayar BPHTP atau usulan pinjaman dana kepada pihak ketiga disetujui legislatif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top