CFD Masyarakat Kukar Diwarnai Donor Darah Hut PMI

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT PMI ke 73 tahun 2018 mendapat antusias peserta carfreedat Kukar cukup baik, tampak warga saat melakukan donor darah di standa yang disediakan PMI Kukar 

TENGGARONG (NK)  – Semarak hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) yang digelar masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diwarnai dengan ulang tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke 73 tahun 2018, minggu (23/9/2018), serta dilaksanakan kegiatan donor darah dari peserta carfreeday di jalan KH. Achmad Muchsin Kelurahan  Timbau Kecamatan Tenggarong, Kukar.

Kegiatan yang dilaksanakan di taman Creative Park Kota selain donor darah, PMI Kukar juga menggelar beberapa lomba seperti lomba nyanyi lagu mars nasional oleh kalangan siswa – siswi SMP dan SMA, lomba membuat film pendek tingkat pelajar SMA, lomba senam jumba atau senam ceria dipandu instruktur senam dari PMI dan Palang Merah Remaja (PMR). Lomba melibatkan siswa-siswi SMA dan SMP diantaranya, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 unggulan, SMA MAN, SMK 1 dan SMPN 2.

Sementara itu, kegiatan donor darah, PMI dibantu organisasi masyarakat siaga darah Donor atau Blood Allert Community (BAC) Kaltim dan Kesehatan Indonesia Raya (Kesira)  dengan target minimal 50 orang pendonor. Bahkan dilakukan pembagian doorprize diselingi penampilan perkusi dari siswa-siswi SMA dan SMP yang di pandu oleh PMR.

Disela – sela kegiatan, Sekretaris umum PMI Kukar, Sujianto menuturkan, acara ini langsung dimonitoring oleh PMI, dimana dalam kegiatan ulang tahun ke-73 PMI itu diisi rangkaian acara yang digagas panitia utama.

Lomba bag siswa-siswi SMP dan SMA yakni, lomba menyayikan lagu mars, lomba membuat film pendek durasi delapan menit, jalan santai dengan doorprize dan donor darah,”beber sujianto.

Senada dengannya, Sekjen Kesira juga Wakil Ketua Bidang Politik Hukum PPNI, Odi Wira Putra menambahkan, Dalam acara Hut PMI ini, selaku pemuda dari Kesira telah bekerja sama dengan PMR melakukan kaderisasi kepada pemuda dan remaja tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA untuk regenerasi PMR.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Siaga Darah BAC Kaltim, Ernik Tresnawati menuturkan, peminat masyarakat untuk melakukan donor darah cukup lumayan, karena  sudah lebih dari 50 orang atau melampaui target.

“Namun kami juga ketat melakukan seleksi dan pengujian untuk meloloskan para peserta yang siap mendonorkan darahnya,” pungkasnya. (mi/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.