HEADLINE

Dandim Tenggarong Turun Tangan Lakukan Normalisasi Drainase

TENGGARONG (NK) – Memasuki periode masa bulan dipenghujung tahun, cenderung membawa perubahan signifikan pada suhu cuaca rendah, tingkat curah hujan tinggi, banyak membawa dampak berlebih pada volume intensitas air di permukaan tanah dan lebih riskan berakibat banjir di beberapa tempat daerah kawasan rendah.

Beberapa bulan lalu, pada pertengahan 2019 cukup dirasa dampaknya oleh warga sebagian Kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Banjir dan longsor pun tak terelakkan, pengalaman itu, menggugah warga untuk lebih peduli dan peka pada permasalahan lingkungan. Melihat berbagai kemungkinan itu, bisa saja kembali terjadi, jika tidak segera dicegah melalui antisipasi dini. Dandim 0906/Tgr, Letkol Inf. Charles Alling.

Tepat pada rabu (9/10/2019) di Jalan Putri Kencana, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kukar, Dandim 0906/Tgr, mengambil inisiatif mengajak segenap elemen masyarakat berbenah melalui kerja bhakti pembersihan daerah aliran sungai dan normalisasi drainase.

Dalam kesempatannya kepada newskaltim.com Dandim menyatakan bahwa, kegiatan ini, adalah inisiatif yang kita dorong, guna mengantisipasi dampak musim penghujan, saat intensitas curah hujan tinggi, kita mulai bersiap diri sebelum banjir menghampiri.

“Pada kesempatan ini kita berkolaborasi berbagai stekholder dari pemerintah daerah, kepolisian, Ormas, Satpol dan berbagai elemen lapisan masyarakat kita bahu membahu dalam membenahi lingkungan sekitar kita,”katanya.


Dalam kegiatan ini juga, bertujuan menitipkan pesan kepada masyarakat, terhadap kepedulian dan kepekaan kita pada lingkungan.

Kepekaan kita pada lingkungan meminalisir terjadinya permasalahan di masyarakat utamanya banjir, kita membersihkan aliran sungai dan drainase sebelum banjir tiba.

Untuk awal oktober ini, adalah kegiatan pertama kita terkait lingkungan, setelah dibulan sebelumnya kita cukup berupaya dan mampu mengatasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kecamatan Tabang.

Dalam kegiatan kerja bhakti normalisasi drainase ini, kita menurunkan 270 personel, 90 diantranya dari anggota Kodim 0906/Tgr dan sebagian lainya dari Polres dari Pemda beserta Ormas Pemuda Pancasila dan FKPPI.

Berharap kedepanya kita lebih kompak secara rutin dan antusias untuk melaksanakan kegiatan berkenaan dengan kepedulian kita bersama terhadap lingkungan. (im/nk)

Berita Popular

To Top