Diduga Karyawan Ceroboh, Gudang PT. KKA Dilalap Api


TENGGARONG – Api Melahap Gudang Vulkanisir Ban PT. Kurnia Kencana Abadi (KKA), pada jumat (5/10/2018), di jalan poros jalur dua berbatasan antar wilayah Tenggarong – Samarinda, KM 12, RT 21 , Kelurahan Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu.

Menurut saksi mata, kebakaran gudang vulkanisir ban milik PT. KKA yang bekerja sama dengan PT. Bukit Baiduri Energi (BBE) perusahaan yang bergerak dalam kegiatan pertambangan batu bara, berwalnya sekitar pukul 09:30 wita, salah seorang karyawan PT. KKA bersama delapan orang karyawan lainya, melakukan kegiatan bersih-bersih di dalam gudang vulkanisir ban.

Tempat sampah yang berjarak sekitar 10 meter dari gudang, dijadikan tempat pembuangan dan pembakaran barang-barang bekas yang tidak terpakai.

Tanpa di sadari karyawan juga membuang sampah-sampah kertas ke pembakaran sampah tersebut, ketika api semakin membesar karena tertiup angin hingga api menjalar ke ban-ban bekas, sekitar pukul 10:00 wita, sontak karyawan yang melakukan pembersihan berlarian keluar gudang dan salah satunya mengambil inisiatif untuk menghubungi damkar terdekat.

Pada pukul 12:35 wita api berhasil dipadamkan. Unit damkar yang diturunkan beroperasi di TKP diantaranya, dua unit mobil pemadam dari Tenggarong, satu unit mobil portabel dari Damkar Tenggarong, empat unit mobil Damkar Samarinda, satu unit mobil Damkar syahbadar Samarinda, dua unit mobil tangki air Damkar Samarinda dan dau unit mobil pick up yang membawa mesin portabel.

Atas kejadian ini, ditafsir perusaan mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Adapun kerugian materil berupa satu unit gudang vulkanisir dan ban ban yang akan di vulkanir.

Berdasarkan  data lapangan, tidak ada korban jiwa saat kejadian berlangsung dan kejadian tersebut terjadi di duga kecorobohan karyawan yang kurang memperhatikan segi keamanan, saat melakukan pekerjaan bersih-bersih gudang. (mi/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.