Dipimpin AGM, ASPEKSINDO Luncurkan Program Nelayan Berbasis Teknologi


Luhut : Kami Sangat Apresiasi Program Tersebut

JAKARTA (NK) – Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) dengan dipimpin Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Masud (AGM) sebagai ketuanya, Senin (08/04/2019) pagi di Jakarta melaksanakan  launching (meluncurkan) program 1 juta nelayan berdaulat berbasis teknologi.

Kegiatan yang dirangkai dengan seminar tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Jendral TNI (Pur) Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah kepala daerah seluruh indonesia.

Dalam sambutannya dihadapan Luhut Binsar Panjaitan, AGM mengatakan program 1 juta nelayan berdaulat berbasis teknologi merupakan sejarah baru di Indonesia. Program tersebut juga menjadi sangat penting mengingat perkembangan teknologi yang telah masuk kesemua sendi kehidupan manusia termasuk mewarnai kehidupan nelayan.

Masuknya teknologi adalah sebuah keniscayaan, oleh karena itu perlu mendorong adaptasi nelayan terhadap perkembangan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan itu sendiri,”kata AGM.

Menurut data yang ada lanjutnya, kekayaan laut indonesia sebesar USD 2,5 Triliun pertahun dan baru dapat dimanfaatkan sebesar tujuh persen karena minimnya teknologi. Sementara jumlah nelayan Indonesia sebanyak 2,7 juta dari tahun ketahun jumlahnya berkurang karena minat menjadi nelayan rendah dan faktanya nelayan di Indonesia mayoritas berada dalam ambang batas garis kemiskinan serta menyumbang 25 persen angka kemiskinan nasional.

“Kami sampaikan bahwa ASPEKSINDO pada 21-23 maret 2019 kemarin telah mendesain program strategis dan tentu saja akan siap berkolaborasi dengan pihak manapun yang se visi dengan ASPEKSINDO untuk kemajuan masyarakat kepulauan dan pesisir seluruh indonesia,”tambah AGM.

Lanjutnya, ASPEKSINDO adalah mitra pemerintah pusat dan daerah dalam rangka memajukan kemaritiman bangsa indonesia yang merupakan negara bahari. Selain itu ASPEKSINDO sebagai bagian dari pemerintah tentu memiliki kewajiban memfasilitasi dan mengkomonikasikan program ini keseluruh anggota ASPEKSINDO dan nelayan binaan pemerintah daerah dengan ciri khas pesisir dan kepulauan sesuai target pemerintah yaitu 1 juta nelayan berdaulat mengikuti program ini hingga akhir 2019.

“Diharapkan dengan hadirnya program ini tentu akan memberikan setidaknya tiga D yaitu dukungan tekhnologi dan pemasaran laut, dukungan akses permodalan dan dukungan pemberdayaan,”pintanya.

Sementara itu, Luhut mengatakan, pemerintah saat ini dan kedepan terus berupaya meningkatkan sektor kelautan yang ada di seluruh Indonesia khususnya bagi nelayan kecil. Untuk mendukung itu salah satunya melalui berbagai program pemerintah pusat kepada nelayan di seluruh indonesia terus ditingkatkan.

“Kami sangat mengapresiasi sekali dengan program 1 juta nelayan berdaulat berbasis teknologi 4.0 ini, karena dipastikan  mampu menjawab persoalan nelayan kita yang ada selama ini,”jelas Luhut.

Dalam kesempatan ini Luhut memberikan, apresiasi kepada sosok Bupati PPU yang masih muda namun semangat untuk membangunnya begitu tinggi. “Jiwa muda semangat tinggi ini patut menjadi contoh bagi pemimpin dari bupati PPU. Tapi juga jangan lupakan pemimpin  yang lebih senior,”canda luhut. (Humas6/nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.