Disdikpora Wajibkan Setiap Sekolah Punya Perpustakaan

Kepala Disdikpora PPU, Marjani

PENAJAM(NK)- Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Marjani, mengimbau kepada seluruh sekolah di PPU untuk mengaktifkan kembali perpustakaan di sekolah guna meningkatkan minat baca siswa. Rabu, (14/12/2016).

Marjani mengatakan, sekolah wajib memiliki perpustakaan disekolahnya masing-masing, baik dengan ruangan tersendiri atau hanya dengan lemari buku tersendiri yang penting melekat pada sekolahan. Dijelaskannya, dari sekitar 136 Sekolah di PPU diantaranya SDN sebanyak 98 sekolah, SMPN sebanyak 25 sekolah, SMAN sebanyak 7 sekolah dan SMK sebanyak 6 sekolah. Diketahui, sebanyak 61 sekolah yang sudah memiliki perpustakaan sekolah, namun masih hanya sekitar 30 sekolah yang perpustakaan sekolahnya masih aktif.

Untuk perpustakaan disebagian sekolah masih terkendala ruangan, masih banyak sekolah yang masih fokus untuk penyediaan ruang belajar. Berbeda dengan sekolah yang sudah besar dan meiliki ruang yg cukup untuk dijadikan perpustakaan,”ujarnya.

Ditambahkan Marjani, upaya untuk mewajibkan sekolah untuk memiliki perpustakaan sekolah masih terus disahakan. Diakuinya, dirinya pernah mendapati buku menumpumpuk diruang guru disebuah sekolah ditingkat dasar. Hal tersebut menurutnya yang perlu dibenahi dan mewajibkan untuk setiap sekolah memiliki perpustakaan sekolah.

“Daripada ditumpuk, lebih baik disimpan di perpustakaan. Jadi siswa bisa membacanya,”tuturnya.

Marjani berharap, kedepan minat baca pelajar dapat meningkat dengan aktifnya kembali perpustakaan sekolah ditangah era teknologi yang berkembang saat ini.

“Buku adalah jendela dunia. sebelum ada internet, buku sudah terlebih dahulu ada. Dan refrensi dari buku juga lebih jelas,”pungkasnya.(kanda/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.