Dishub PPU Minta Motoris Speedboat dan Kelotok Utamakan Keselamatan Penumpang

Kepala Bidang lalulintas dan angkutan Dishub PPU Fernando Hutagalung

PENAJAM(NK) – Guna meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut dan carut marutnya admintrasi surat kelengkapan pengemudi kapal, Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan pembenahan dan pemantau terhadap kelengkapan surat-surat kapal maupun kelengkapan alat keselamatan dan juga kelayakan pada kapal Kelotok dan Speedboat di dermaga Penajam.

Karena hal itu Kepala Bidang lalulintas dan angkutan Dishub PPU Fernando Hutagalung menghimbau kepada seluruh pemilik kapal dan motoris untuk segera melakukan pengurusan kelengkapan dan mempersiapkan alat keselamatan di kapal masing-masing.

Yang terpenting selalu sediakan alat keselaman untuk penumpang maupun motoris, karena ini untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna jasa angkutan laut,”himbau Fernando.

Sementara itu untuk kelengkapan adminitrasi kapal dan pengemudi merupakan sebuah aturan yang sudah lama ada sehingga harus di tegakkan.

Fernando juga mengatakan, sebenarnya ada sanksi yang berlaku jika pemilik atau motoris kapal jasa angkutan ini tidak menyediakan alat keselamatan ataupun kelengkapan adminitrasinya.

“Ada sanksinya itu kalo alat keselamatan tidak ada, kelayakan kapal tak bagus, dan administrasinya tak lengkap,” tegas Fernando.

Karena hal itu pihaknya saat telah melakukan penertiban adminitrasi dengan membuka layanan langsung untuk kepengurusan surat kecakapan motoris dan kelengkapan kapal di dermaga selama dua minggu kedepan.(th/red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.