Diskominfo PPU Fasilitasi Penguatan PPID PPU

PENAJAM (NK) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Fasilitasi Penguatan PPID secara virtual, Kamis (14/07/2022). Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU. Turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kaltim, Ramaon D. S. Saragih dan Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Komisi Informasi Provinsi Kaltim, Muhammad Khaidir.

Kepala Diskominfo PPU, Budi Santoso mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati PPU saat membuka kegiatan bimtek menyampaikan, di era keterbukaan informasi publik seperti saat ini, setiap warga negara atau masyarakat mempunyai hak untuk memperoleh informasi dari badan publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Setiap lembaga yang dibiayai APBN, APBD baik Provinsi maupun kabupaten/kota, baik lembaga pemerintah maupun non pemerintah, wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan terkait kegiatan, program, dan kebijakan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa institusi atau lembaga utama dalam memenuhi hak masyarakat memperoleh informasi publik sesuai Undang Undang KIP adalah PPID. Oleh karenanya, setiap pemerintah daerah wajib menetapkan PPID sebagai institusi yang memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

“Di Kabupaten Penajam Paser Utara, PPID Utama berkedudukan di Dinas Komunikasi dan Informatika dan dijabat oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, sedangkan PPID Pembantu berada di masing-masing Perangkat Daerah dan dijabat oleh Sekretaris atau pejabat yang membidangi informasi atau kehumasan,” sebutnya.

Kunci pelayanan informasi publik, tambahnya, selain pelayanan yang cepat, tepat dan akuntabel, adalah ketersediaan informasi publik yang ada dalam Daftar Informasi Publik (DIP). Mengingat jumlah informasi publik yang terdapat dalam DIP sangat terbatas, Ia berharap agar PPID Pembantu dapat menyusun DIP dengan sebaik-baiknya.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Kehumasan Diskominfo PPU, Siswanto, menambahkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan kualitas PPID yang responsif, cepat, dan tuntas dalam melayani masyarakat.

”Tercapainya PPID yang informatif dalam menyampaikan setiap informasi publik kepada masyarakat serta terwujudnya pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik sebagai budaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kabupaten Penajam Paser Utara,” pungkasnya. (Nis/Advertorial/NK2).