HEADLINE

Ditengah Mewabahnya Corona Pemkab Kukar Gelontorkan Sembako

Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama warga penerima sembako

TENGGARONG (NK) – Mengatasi dampak sosial masyarakat akibat wabah COVID-19 Pemerintah Kabupaten Kutai Kartnegara telah menggelontorkan sembako ke beberapa Kelurahan sekitar Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Tercatat sementara ini, ada 2.913 Kepala Keluarga (KK) di Sepuluh Kelurahan yang sudah mendapat bantuan, terbagi diantaranya Kelurahan Baru, Sukarame, Mangkurawang, Loa Tebu, Panji, Bendang Raya, Rapak Lambur, Panji, Timbau dan Kelurahan Bukit Biru. Sementara itu masih tersisa empat Kelurahan dengan jumlah KK yang jumlah cukup banyak diperkirakan sekitar 5,199 KK.

Rencananya akan disalurkan besok terbagi diantaranya Kelurahan Loa Ipuh, Melayu, Maluhu, dan Kelurahan Jahab. Adapun kategori warga yang layak menerima bantuan yakni masyarakat yang terdampak secara langsung yakni para ODP, PDP dan Pasien Positif COVID-19 serta secara tidak langsung pekerja informal dan masyarakat yang rentan miskin yang terdata diluar dari masyarakat kategori miskin dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pada hari ini Selasa (21/4/2020) sedang berlangsung proses packing beras di Kantor Kecamatan Tenggarong dan proses packing sembako berupa (minyak, gula, sarden, mie instant dan susu) di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah kepada newskaltim.com, mengatakan untuk pendistribusian beras ke warga terdampak, Pemerintah Kabupaten Kukar mengeluarkan kurang lebih 200 ton persediaan beras dari gudang beras Bulog Kabupaten dalam penanganan bencana COVID-19 ini.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan relawan warga yang telah membantu proses pemakingan hingga pendistribusian ke warga terdampak, karena kegiatan ini merupakan pola pemberdayaan masyarakat yang dikoordinir langsung oleh camat tenggarong,” kata edi.

Sementara itu dalam proses packing persediaan beras yang akan didistribusikan di Kantor Kecamatan Tenggarong, terlihat beberapa organisasi masyarakat turut serta selaku relawan langsung yang mengurusi masalah pemakingan dan pendistribusian untuk membantu gugus – gugus relawan.

Camat Tenggarong Arfan Boma menuturkan,  terkait kesediaan relawan yang bersedia dan sebagai relawan dalam membantu berbagai tahapan proses hingga bantuan mencapai ke sasaran.

“Ada beberapa relawan yang telah membantu dan mereka ini memang murni selaku relawan baik dari organisasi KTNA, KNPI, PKK, Balakarcana, Pemuda Pancasila, KKSS, Kader PKS, Kokam, GP Anshor yang semuanya murni panggilan,” ujar boma.

Semua masyarakat yang turut membantu selaku relawan terlihat antusias di tengah – tengah kehadiran rombongan bupati Kukar beserta rombongan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar bersama camat dan perangkat daerah lainya menambah spirit para relawan terlihat Sekda Kukar Sunggono Kasnu pun turut serta membantu mengangkat karung berisi beras 10 kg yang siap untuk di packing.

Di sesi jeda newskaltim.com tidak melewatkan kesempatan untuk menyapa Pak Sekda Sunggono melalui tanggapannya

“Terimakasih kepada seluruh relawan yang sudah ikut berpartisipasi membantu penderitaan warga kita yang lain dan yang peduli terhadap dampak wabah COVID-19 semoga semua mendapat amal ibadah dari Allah SWT, sukses untuk seluruh warga kita di Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkas sunggono.(im/nk)

Berita Popular

To Top