HEADLINE

Ditinggal Jumatan, Maling Bobol Kantor Pos Penajam

Laci tempat penyimpanan uang kas tergeletak di lantai sementara uang  sebesar Rp35 juta lebih berhasil digondol pencuri yang sebelumnya mejebol plapon Kantor Pos Cabang Penajam

Kantor Pos Alamin Kerugian Rp35 Juta Lebih 

PENAJAM(NK) – Kantor Pos Cabang Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jumat siang (6/1) lalu sekitar pukul 12.45 wita, dibobol orang kawanan pencuri, dimana kejadian tersebut terjadi saat keadaan kantor tengah kosong akibat ditinggal sholat Jumat dan beristirahat oleh para pegawainya. Akibatnya uang kas senilai Rp35 juta di dalam laci meja pun raib digondol maling. Demikian dikatakan, Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan melalui Kapolsek Penajam, AKP Soleh didampingi Kanit Rerkrim Polsek Penajam, Iptu Suriyanto, kepada News Kaltim, Minggu siang (8/1) kemarin.

Dijelaskannya , aksi pencurian di siang bolong itu terjadi saat kantor pos sedang kosong ditinggal pegawainya beristirahat dan melaksanakan ibadah sholah jumat sekitar pukul 11.50 wita.

Pencuri melakukan aksinya saat keadaan kantor sedang kosong ditinggal oleh para pegawainnya beristirahat untuk melaksnakan sholat jumat. Sehingga pelaku pencuri dengan leluasa melakukan aksinya tanpa takut tertangkap,”jelasnya.

Lanjutnya, dari hasil olah TKP, dugaan sementara pelaku lebih dari satu orang, pelaku berhasil masuk dalam kantor tersebut  melalui plapon dari kamar kecil, hal itu dibuktikan dengan dijebolnya plapon kantor. Setelah berhasil membongkar laci tempat penyimpanan uang kas tersebut, kemudian pelaku melarikan diri melalui plapon itu kembali.

Diterangkannya, dari pengakuan pegawain Kantor Pos yang menjadi saksi pertama kali masuk kekantor pos sehabis beristirahat, Kuswandi, (50) kepada petugas, menuturkan usai melaksanakan ibadah sholat Jumat dan beristirahat di rumahnya yang lokasinya berdempetan dengan kantornya. Dirinya baru kembali ke kantor sekitar pukul 13.00 wita dan kaget setelah mendapati ruang kerjanya berantakan.

“Saat kembali ke kantornya, saksi kaget melihat ruang kerjanya porak-poranda, laci tempat penyimpanan uang kas sudah berada dilantai dengan kondisi telah kosong dan melihat plapon ruang kerjannya dalam keadaan jebol. Bahkan uang dalam kotak amal masjid juga digondol maling dilihat dari uang receh yang berserakan di lantai. Atas kejadian tersebut, saksi kemudian melaporkannya ke Polsek Penajam,”tukasnya.

Ditegaskannya, sampai saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan atas kasus pencurian yang dilakukan pada siang bolong tersebut. Identitas dan ciri – ciri pelaku sementara ini  telah diketahui dari rekmanan CCTV yang terpasang di kantor Pos tersebut. Bahkan pada hari itu juga pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres PPU untuk melakukan penyidikan dan pengejaran.

“Kasusnya masih kami selidiki lebih dalam, untuk sementara identitas dan ciri – ciri pelaku telah kami kantongi dan kini masih dalam pengejaran kami, atas kejadian ini Kantor Pos Cabang Penajam mengalami kerugian material berupa uang tunai lebih kurang Rp35 juta,”tutupnya.(Teguh/Red/NK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top