DPRD PPU Dorong Perluasan Pelayanan Air Bersih di Sepaku

PENAJAM (NK) – Problematika air bersih di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) ke depan diharapkan terurai. Hal ini untuk membuktikan bahwa kehadiran pemerintah untuk masyarakat merata.

Wakil Ketua II DPRD PPU, Hartono Basuki meyakinkan pelayanan air bersih oleh Perumda Air Minum (PAM) Danum Taka di wilayah itu segera meluas. Penambahan kapasitas WTP Sepaku dari 15 liter per detik menjadi 30 liter per detik diharapakan sudah dapat segera dirasakan masyarakat.

“Adanya peningkatan kapasitas produksi WTP Sepaku itu baik semoga saja warga yang terlayani air bersih semakin banyak,” ujarnya, Kamis (3/11/22).

Selain memberikan apresiasi, legislator daerah pemilihan (Dapil) Sepaku ini meminta penjaminan itu dapat diberikan segera. Agar, keluhan masyarakat di sana selama ini atas pelayanan air bersih dapat terpenuhi dengan ideal.

“Kendatipun belum menjangkau seluruhnya, itu sudah sedikit mengurai permasalahan air bersih yang ada di sana,” lanjutnya.

Permasalahan air bersih ini ke depan juga harus segera ditingkatkan. Permasalahan minimnya produksi air selama ini juga telah masuk dalam perencanaan pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat.

“Selama ini warga di sana hanya mengandalkan sumur bor, yang kualitasnya cukup rendah,” ungkap Hartono.

Namun begitu, pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi hingga kini juga terus berprogres. Ia meyakini ke depan pelayanan air bersih bagi warga di wilayah calon Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut bakal segera tuntas.

“Dengan berjalannya pembangunan IKN, termasuk intake dan bendungan Sepaku, masalah kebutuhan air bersih segera terselesaikan,” pungkasnya. (*/Advertorial/NK2)