Dua Rumah dan Satu Bangunan Walet di Babulu Ludes Terbakar

Kobaran api dan asap tebal terlihat saat api melalap tiga bangunan milik warga di RT 09 Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, PPU

Kapolres : Kami Masih Dalami Penyebab Kebakaran Itu

PENAJAM (NK) – Sedikitnya tiga bangunan terdiri dari dua rumah warga dan satu bangunan sarang burung walet di RT 09, desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) Selasa (31/7/2018) sekitar pukul 00.20 wita ludes dilalap api.

Kapolres AKBP Sabil Umar menuturkan, tiga bangunan yang terbakar tersebut yakni milik tiga orang warga yakni, rumah ukuran 8 x15 m yang ditempati Hj Jubaidah 40, rumah ukuran 6 x 6 m milik  H Fahmi 45 dan bangunan gedung sarang burung walet ukuran sekitar 8 x 12 m tinggi tiga lantai milik H  Rahman (45).

Dibeberkannya, adapun kronologis kejadian, diduga munculnya api dari rumah kayu yang ditempati Hj. Jubaidah, dimana saat itu dirinya sedang tidur di dalam rumah bersama dengan Ibu Hj.Jumaiyah. Namun, sekitar pukul 00.20 wita  terbangun dan  kaget karena melihat rumah yang mereka tempati sudah dalam keadaan terbakar.

“Kemudian korban langsung berusaha menyelamatkan diri dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Atas  kejadian tersebut, para korban melaporkannya ke Polsek Babulu,”tukasnya.

Ia menambahkan, mengenai penyebab kebakaran hingga kini belum dapat disimpulkan karena masih tahap penyelidikan, namun dugaan sementara diakibatkan hubungan arus pendek listrik atau korsletin. Karena pada saat terjadi kebakaran tidak ada aktifitas dan tidak sedang mati lampu.

Kami masih melakukan mendalami atas kejadian kebarakan ini, dan secapatnya hasilnya akan disampaikan,”katanya.

Namun, terangnya, atas kejadian ini meskipun tidak ada korban jiwa tetapi para korban mengalami kerugian materiil  kurang lebih Rp200 juta.

“Api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.50 wita setelah dikerahkan delapan unit mobil pemadam kebakaran dari Babulu, Waru, Penajam dan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser yang turut membantu,”pungkasnya.

Sementara itu, Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) PPU telah memberikan bantuan bagi korban kebakaran berupa kebutuhan korban.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.