ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

FKP sarana penyempurnaan Rancangan Awal RKPD tahun 2021

Sekda PPU, H. Tohar memberikan arahan kepada peserta FKP RKPD tahun 2021

Tohar Minta Penyusunan RKPD 2021 Dilakukan Secara Berkualitas

PENAJAM (NK)  – Forum Konsultasi Publik(FKP) digelar dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan sebagai sarana penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Penajam Paser Utara (PPU)  tahun 2021. Hal ini dikatakan, Sekda PPU, H. Tohar, Kamis (30/1/20) saat membuka kegiatan FKP di kantor Bupati PPU.

“FKP merupakan media bagi para pemangku kepentingan untuk melakukan pencermatan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di tahun 2021, dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan sebagai sarana penyempurnaan Rancangan Awal RKPD tahun 2021,” jelasnya.

Ia menerangkan, kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten PPU tersebut,  digelar dalam rangka memenuhi tahapan penyusunan RKPD berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD sendiri.

Rancangan Awal RKPD Kabupaten PPU tahun 2021, kata Tohar, disusun berdasarkan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah dengan mengacu pada Dokumen RPJMD Kabupaten PPU Tahun 2018-2023. Penyusunan Rancangan Awal RKPD juga merupakan hasil penelaahan terhadap Rancangan RKPD Provinsi dan Program Strategis Provinsi dan Nasional.

Forum Konsultasi Publik ini lanjutnya, juga merupakan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan daerah. Dimana setelah pelaksanaan Forum Konsultasi Publik, masih memiliki agenda pelaksanaan Forum Perangkat Daerah yang kemudian dilanjutkan ke tahapan Musrenbang RKPD.

“Kepada Kepala Perangkat Daerah tingkat Camat, Desa dan Kelurahan , saya minta untuk memberikan perhatian penuh pada pelaksanaan FKP ini, karena Forum ini merupakan wadah untuk memberikan gambaran dalam penyusunan rancangan awal Renja Perangkat Daerah tahun 2021, yang menjadi benang merah dalam pelaksanaan kegiatan di tahun 2021,”ujarnya.

Dasar dari, bahwa keberhasilan pembangunan Kabupaten PPU merupakan keberhasilan kolektif dari peran Pemerintah serta Masyarakat.  Oleh karena itu, Tohar juga mengajak untuk merapatkan barisan bekerja bersama secara sinergis demi terwujudnya Kabupaten PPU yang maju, modern dan religius.

“ Penyusunan RKPD Kabupaten PPU tahun 2021 harus dilakukan secara berkualitas dan lebih produktif. Oleh karena itu, dibutuhkan Komitmen seluruh stakeholder baik Pemerintah, Pelaku Usaha  dan Masyarakat guna mendukung pencapaian target-target pembangunan yang telah disepakati bersama, “ tutupnya. (nk/nav)

NK:

Berita Popular

To Top