Gaji THL PPU Naik 100 Persen Dapat Dukungan DPRD

PENAJAM (NK) – Rencana Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menaikkan penghasilan atau gaji bagi Tenaga Harian Lepas (THL) sebesar 100 persen di Kabupaten PPU mendapat respon positif dari Ketua DPRD Kabupaten PPU, Jhon Kenedy.

Ketua DPRD PPU, Jhon Kenedy

Hal ini disampaikan Jhon Kenedy usai menghadiri Rapat Paripurna sekaligus Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) Rancangan Kebijakan Umum Anggaran, serta Prioritas dan Plafon untuk on Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2021 Kabupaten PPU, Rabu, (18/11/2020) siang.

Kami di Lembaga DPRD ini sangat menyetujui terhadap keinginan bupati untuk kenaikkan gaji THL di PPU. Karena ini kan untuk kesejahteraan masyarakat PPU juga,” kata Jhon Kenedy.

Dikatakannya bahwa memang diakui jika melihat dengan gaji THL yang ada di Kabupaten PPU saat ini sebesar 1,5 Juta setiap bulan rasanya masih sangat kurang dan tidak layak. Terlebih mereka adalah seorang kepala rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

Oleh karenanya tambah Jhon Kenedy, ketika bupati menegaskan tentang kenaikkan penghasilan sebesar 100 persen bagi THL yang ada di PPU, 25 lembaga DPRD mendukung langkah positif tersebut.

“Karena memang bupati kita menginginkan kenaikkan itu, maka kami DPRD juga mendorong langkah ini. Artinya antara pemerintah daerah dan DPRD harus sejalan,” harapnya.

Lebih jauh tambahnya, namun untuk kenaikkan penghasilan tersebut juga masih harus melalui berbagai kajian-kajian di dalamnya. Termasuk tentang Perbup yang akan mengatur, seperti kreteria hingga kinerja THL harus bisa dimaksimalkan kedepannya.

“Karena ini sudah menjadi kebijakan maka pastilah ada Perbup yang akan mengatur tentang kerja THL di sana. Intinya jika sekarang masih banyak THL kita yang sering tidak masuk kantor atau hanya datang, duduk dan pulang, mungkin kedepan harus bisa dimaksimalkan. Mungkin satu, dua hari tidak masuk itu sudah bisa mendapatkan peringatan pimpinan,” tegasnya. (nav)