Tingkatkan Kesiapan, Kodim 0913/PPU Laksanakan Apkowil dan Puanter

PENAJAM (NK) – Dalam rangka meningkatkan kesiapan seluruh anggota Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Kamis (19/11/2020) melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan (Bin Siap) Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV tahun anggaran 2020 di Aula Kodim PPU.

Kemampuan prajurit perlu ditingkatkan untuk menghadapi tantangan tugas yang semakin komplek di lapangan. Selain melaksanakan program, kegiatan ini juga untuk membekali kemampuan dan keterampilan prajurit,” tegas Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Dharmawan, dikutip dari Penremn 091/ASN.

Sehingga, lanjutnya, seluruh prajurit TNI-AD di Kodim 0913/PPU mampu memberikan solusi dan kontribusi dalam mengemban tugasnya di wilayah binaan masing-masing.

Dijelaskan Dandim, para prajurit dibekali dengan berbagai ilmu atau materi yang menunjang pelaksanaan tugas pokok setiap prajurit di lapangan.

“Adapun Materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi lima kemampuan teritorial, sikap teritorial, metode binter, sisrendal binter, ketatalaksanaan binter, medsos dan hoax, pengetahuan Covid-19, kesehatan masyarakat, netralitas TNI serta komunikasi massa,” ungkapnya.

Dandim mengingatkan, kepada seluruh jajarannya terkait  analisa kerawanan konflik yang terjadi di Indonesia saat ini guna mendukung pelaksanaan tugas kedepan.

“Kerawan konfil dimaksud diantaranya, seperti mengadu domba antara TNI dan Polri lewat berbagai cara. Sehingga terjadi kekacauan serta mengganggu stabilitas nasional. Lalu menciptakan benturan antar lembaga penegak hukum Polri dan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) hingga upaya  menimbulkan konflik memecah-belah partai politik,” pungkasnya.(*/bah)